Mengenal Jurusan Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan)

Program studi Teknik Sumberdaya Air atau yang juga dikenal dengan nama Teknik Pengairan adalah sebuah prodi yang mempelajari ilmu-ilmu teknik sipil dalam perencanaan, desain, pengoperasian, serta pemeliharaan bangunan air yang berkaitan dengan sumberdaya air. Contoh bangunan air yang dimaksud adalah pembangkit listrik tenaga air, bangunan irigasi dan drainasi pada persawahan, sistem drainase perkotaan dan bangunan, waduk, dan lainnya.

Di prodi ini kita juga akan belajar tentang teknik pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya air yang benar, dan pengelolaan dampak lingkungan dan pencemaran sumberdaya air. Program studi ini bisa dibilang multidisiplin karena meliputi ilmu Teknik Sipil, Planologi, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis (SIG), termasuk Pertanian.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan)

Sistem pengairan sangat penting untuk dikelola dengan baik. BPengelolaan ini bukan cuma untuk pengairan lahan pertanian, tapi juga drainasi di perkotaan. Sebuah kota yang memiliki sistem drainasi yang buruk dapat menyebabkan masalah seperti banjir. Karena prodi ini merupakan sebuah prodi multidisiplin, maka di sini kamu bakal dapat banyak pengetahuan di bidang teknik.

Selain itu perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program studi ini juga masih terbatas. So, saingan lulusan program studi ini masih terbilang sedikit, sedangkan ahli di bidang teknik pengairan sangat di butuhkan.

Baca juga:   Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan)

Lulusan program studi Teknik Sumberdaya Air memiliki prospek kerja yang cukup luas. Lulusannya dapat bekerja di instansi pemerintahan dan BUMN yang menangani sarana dan prasarana pengelolaan sumberdaya air seperti Kementrian Pekerjaan Umum, Dinas Pengairan Daerah, Dinas Pertanian, PLN, PDAM, perusahaan konsultan dan kontraktor, dan tenaga pengajar.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Sumberdaya Air (Teknik Pengairan). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *