Jurusan Teknik Radiologi (Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Radiologi (Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi)

Radiologi merupakan ilmu kedokteran untuk memindai dan mendiagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan sinar x, baik berupa gelombang elektromagnetik atau gelombang mekanik. Dengan kemajuan teknologi kedokteran yang lebih modern, radiologi tak hanya menggunakan sinar-x, tapi ultasonik seperti ultranonography (USG) dan magentic resonance imaging (MRI).

Program studi Radiologi tersedia di program vokasi di beberapa perguruan tinggi dengan jenjang pendidikan Diploma 3 (D3) atau Diploma 4 (D4), dan juga pada pendidikan dokter spesialis bagi yang telah menyelesaikan pendidikan profesi dokter. Ilmu yang dipelajari serupa dengan yang dipelajari pada program studi Fisika Medis.

Namun pada program vokasi pastinya mahasiswa akan mendapatkan porsi praktik lebih besar daripada teori, beda dengan program studi Fisika Medis yang berjenjang Strata 1 (S1).

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Radiologi (Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi)

Tertarik untuk mempelajari ilmu kesehatan/medis nggak melulu harus masuk program studi Kedokteran, kok. Kamu bisa memilih prodi ini, terutama ketika kamu punya ketertarikan di bidang teknologi kedokteran, dan manajerial rumah sakit.

Apalagi kebutuhan akan tenaga Radiografer sangat tinggi. Pemakaian alat-alat radiasi sedikit banyaknya akan menimbulkan efek tertentu bagi pasien maupun Radiografer itu sendiri, karenanya, menjadi Radiografer berarti kamu harus sangat teliti dan zero mistake.

Baca juga:   Jurusan Kesehatan Lingkungan

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknik Radiologi (Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Fisika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Radiologi (Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi)

Lulus dengan predikat Sarjana Sains Terapan (S.ST) untuk program vokasi D4, kamu juga bisa melanjutkan studi ke jenjang Strata 2 (S2). Sedangkan untuk program D3 akan bergelar Ahli Madya Radiodiagnostik dan Radioterapi.

Lulusan Radiologi dibekali dengan keterampilan mengoperasikan alat-alat MRI, CT Scan, PET Scan, USG, dan Radioterapi dan menganalisa hasilnya, serta keterampilan manajerial.

Untuk mendapatkan gelar profesi Radiografer, lulusan TRO juga harus memiliki surat izin Radiografer dan surat izin kerja Radiografer dari Persatuan Ahli Radiografi Indonesia (PARI).

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Radiologi (Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *