Prospek Kerja Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering)

Teknik Komputer dikenal juga dengan Sistem Komputer. Teknik Komputer adalah sebuah program studi yang mengintegrasikan teknik elektro dan ilmu komputer dalam mengembangkan sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan komputer (network).

Disini yang akan di pelajari adalah bagaimana merancang dan membangun “otak” dari komputer atau alat elektronik lainnya yang akan mengontrol jalannya sistem. Bentuk dari “otak” komputer tersebut adalah processor atau chip yang terdapat dalam motherboard.

FYI, processor atau chip ini lah yang akan memroses instruksi atau aktivitas dari hardware (misalnya menekan tombol pada keyboard, atau mengeklik mouse), yang kemudian disimpan dalam memory, dan di operasikan dengan algoritma.

Pada program studi ini juga akan mempelajari pemrograman, namun pemrograman disini lebih ditekankan pada bahasa pemrograman mesin.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering)

Komputer menjadi salah satu alat yang kini tidak bisa lepas dari kehidupan. Kamu pasti kerap menggunakan komputer. Nah, melalui program studi ini kamu akan mengetahui bagaimana komputer yang terdiri dari software, hardware, dan network tersebut dirancang dan dikembangkan sehingga menjadi alat seperti yang kita gunakan hari ini.

Kalau kamu pribadi yang hi-tech, serta kuat matematika dan logika, kamu bisa memilih prodi ini, karena disini setiap harinya kamu akan berkutat dengan fungsi-fungsi matematika, dan logika.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering)

Pada era revolusi industri seperti saat ini, lulusan Teknik Komputer sangat dibutuhkan oleh banyak pihak. Baik oleh instansi pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ataupun instansi swasta. Oleh karena itu, prospek kerjanya sangat luas.

Salah satu peluang karier lulusan jurusan ini adalah menjadi seorang application engineering. Tugas seorang application engineering yakni merancang, mengembangkan, sekaligus menguji aplikasi perangkat lunak.

Profesi ini membutuhkan pengetahuan terkait teknik secara umum serta kemampuan manajemen untuk menyatukan sebuah tim. Sebab, insinyur aplikasi menjangkau banyak departemen dalam perusahaan, baik bekerja sama dengan tim teknik, tim layanan pelanggan, tim penjualan, hingga tim manufaktur.

Lulusan Teknik Komputer juga bisa berprofesi sebagai perancang web. Profesi ini dijalankan oleh orang-orang yang pekerjaannya adalah membuat desain sebuah website.

Pada era digital seperti saat ini, kebutuhan masyarakat akan media website memang semakin tinggi. Hal inilah yang menjadikan lulusan Teknik Komputer berpeluang tinggi untuk menekuni profesi ini.

Profesi selanjutnya yang bisa ditekuni yakni konsultan IT. Dengan semakin kuatnya pengaruh teknologi informasi bagi bidang teknologi dan dunia usaha, maka diperlukan para ahli yang mengerti teknis dan konsep penggunaan teknologi dan informasi.

Biasanya, pekerjaan ini dilakukan oleh konsultan IT yang memiliki latar belakang pendidikan sebagai lulusan Jurusan Teknik Komputer. Sebab, untuk menjadi konsultan IT yang andal, sangat dibutuhkan kemampuan di bidang teknologi informasi.

Lulusan Teknik Komputer juga punya kemampuan untuk menjadi seorang software engineering. Tugasnya adalah melakukan analisis, menyusun spesifikasi, membuat suatu rekayasa, mengimplementasikan sekaligus memvalidasi sebuah rancangan software atau sistem perangkat lunak untuk dapat menjawab sebuah permasalahan.

Baca juga:   Jurusan Computerized Accounting

Di masa depan, aktivitas kehidupan diprediksi akan banyak dilakukan lewat layar smartphone. Hal inilah yang membuat profesi insinyur perangkat lunak semakin banyak dicari untuk membantu mengembangkan sebuah aplikasi.

Peluang lain adalah menjadi seorang technopreneurTechnopreneur merupakan sebutan bagi seseorang yang memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir sebagai basis untuk mengembangkan sebuah usaha atau bisnis.

Secara sederhana, technopreneur adalah seseorang yang bekerja mengelola bisnis menggunakan basis teknologi.

Dengan mendapatkan bekal Ilmu Komputer dari perguruan tinggi, maka sangat memungkinkan bagi lulusan Jurusan Teknik Komputer untuk menjadi seorang technopreneur yang sukses. Pada era revolusi industri 4.0 ini, keberadaan technopreneur juga diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Komputer (Computer Engineering). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *