Jurusan Teknik Kimia

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Kimia

Teknik Kimia merupakan cabang ilmu teknik mempelajari bagaimana proses dan cara mengubah bahan baku/mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang lebih bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia, seperti reaksi kimia dan biokimia maupun perubahan sifat fisik dan kimia bahan mentah. Mahasiswa jurusan Teknik Kimia dididik untuk dapat merencanakan dan merancang alat-alat proses, mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara pabrik / industri, mengkontruksi pendirian suatu pabrik (dalam batas batas tertentu), mengadakan penelitian dan pengembangan proses, bahkan merencanakan serta mengelola penjualan dan pelayanan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Kimia

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dengan berbagai produk yang dihasilkan dari berbagai proses-proses kimia. Produk-produk yang dimaksud adalah produk seperti pakaian, bahan bakar pupuk, plastik, bahan peledak, produk farmasi yang dikonsumsi, hingga makanan yang dikonsumsi setiap hari. Oleh sebab itu, kamu yang tertarik dengan proses pengolahan bahan mentah menjadi suatu produk melalui reaksi kimia sangat cocok untuk masuk ke jurusan ini.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknik Kimia cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Kimia, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja di berbagai macam jenis industri kimia seperti: industri perminyakan dan gas alam, pertambangan batu bara, industri semen, industri pupuk, industri polimer, industri pulp dan kertas, industri petrokimia, industri plastik, industri farmasi, industri makanan dan minuman, industri keramik, industri gelas dan industri pengolahan limbah. Selain di Industri kimia, seorang sarjana Teknik Kimia dapat juga bekerja di bidang penelitian, pendidikan, pemasaran, manufaktur peralatan industri jasa konsultan dan kewirausahaan.

Baca juga:   Jurusan Teknik Mesin

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *