Jurusan Teknik Kardiovaskular

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Kardiovaskular

Program studi Teknik Kardiovaskular secara khusus mempelajari penanganan masalah jantung dan pembuluh darah dan teknik dalam mengoperasikan peralatan keteknisian kardiovaskular untuk diagnostik, terapi dan rehabilitasi.

Pengetahuan dan kemampuan yang harus dikuasai mahasiswa program studi ini meliputi mengoperasikan alat-alat diagnostik kardiovaskular, mengelola peralatan keteknisian kardiovaskular, pendokumentasian dan menganalisis data hasil pemeriksaan, serta membuat laporan kasus dan penelitian terkait jantung dan pembuluh darah.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Kardiovaskular

Kardiovaskular bukan termasuk bidang ilmu kesehatan yang baru, namun memiliki kebutuhan yang sangat tinggi di Indonesia, karena kasus terkait kesehatan jantung cukup banyak terjadi.

Teknik Kardiovaskular pun membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengoperasikan alat-alat penunjang diagnosa terkait kardiovaskular.

Untuk kamu yang ingin berkarier di bidang kesehatan terutama yang berhubungan alat-alat diagnosa kardiovaskular, jurusan ini cocok untukmu.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknik Kardiovaskular cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Fisika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kardiovaskular

Lulusan Teknik Kardiovaskular berkolaborasi dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dan dokter spesialis lain, dalam melakukan pemeriksaan diagnostik non-invasif dan diagnostik invasif non-bedah kardiovaskular sebagai teknisi kardiovaskular.

Baca juga:   Jurusan Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)

Tentunya teknisi kardiovaskular dapat berkarier di rumah sakit, laboratorium, klinik/rumah sakit spesialis jantung, atau tenaga pengajar.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Kardiovaskular. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

2 thoughts on “Jurusan Teknik Kardiovaskular

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *