Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Industri

Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin lain seperti matematika, fisika, fisiologi, bahkan manajemen saintifik.

Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi.

Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar.

Pertama, sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi.

Kedua adalah manajemen industri, di mana para mahasiswa harus mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik. Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi, seperti logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Industri

Apabila kamu menyukai teknik sekaligus manajemen, jurusan Teknik Industri bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan perekonomian Indonesia yang sedang berkembang, banyak industri yang melaju pesat. Berbeda dengan jurusan teknik yang lain, Teknik Industri punya keunikan lintas berbagai disiplin ilmu, terutama manajemen. Lapangan kerja pun terbuka sangat lebar.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknik Industri cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Fisika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Teknik Elektromedik

Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Teknik Industri mempunyai prospek yang bagus. Ketersediaan lapangan kerja sangat luas, dari industri kecil sampai industri besar.

Survei menunjukkan, rata-rata gaji lulusan Teknik Industri ITB yakni sekitar Rp10 juta/bulan, dengan masa waktu kerja 2–3 tahun. Mahasiswa teknik industri akan mempelajari semua prinsip dan keterampilan dari ilmu teknik. Jadi jangan heran, jika kuliah teknik industri juga akan belajar mata kuliah yang ada di jurusan teknik lainnya.

Perbedaan jurusan teknik industri dengan jurusan teknik lainnya adalah pada produk akhirnya. Jika teknik sipil menghasilkan rancang bangunan dan teknik informatika menghasilkan program komputer, teknik industri menghasilkan sistem yang mengintegrasikan keseluruhan tadi.

Oleh karena itu, lulusan teknik industri punya peluang kerja di berbagai bidang yang membutuhkan sebuah sistem. Dengan cangkupan ilmu yang luas seperti itu, seorang lulusan teknik industri dapat bekerja di posisi manajemen di hampir semua bidang. Misalnya perbankan, pertambangan, otomotif, layanan kesehatan hingga periklanan.

Berikut beberapa prospek kerja lulusan teknik industri dan gajinya:

Engineering Manager

Engineering manager yakni profesi yang bertugas menyusun rencana kerja dan sumber daya dalam sebuah proyek. Prospek gaji yang akan didapatkan oleh seorang engineering manager yang sudah berpengalaman bisa mencapai Rp 35 juta per bulan. Wah, lumayan juga.

Cost Control Engineer

Profesi ini tugasnya yaitu menyusun perhitungan biaya, tenaga, dan waktu untuk menjalankan sebuah produksi. Bila kamu menjadi Cost Control Engineer kamu bisa mengantongi gaji hingga Rp 15 juta dan bisa terus meningkat sesuai dengan pengalamanmu loh.

Quality Control Engineer

Quality control engineer yaitu dia yang bertugas memeriksa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik atau memenuhi standar. Seorang quality control engineer bisa mendapat gaji hingga Rp 10 juta.

Baca juga:   Jurusan Survei dan Pemetaan

Project Management Analyst

Projecet Management Analyst tugasnya menganalisis proses produksi agar bisa menjadi semakin efisien. Profesi ini bisa mendapat gaji Rp 17 juta hingga puluhan juta rupiah loh.

Health Safety Environment Engineer

Seorang HSE Engineer memiliki tugas yaitu melakukan analisis lokasi dan prosedur kerja yang sekiranya berdampak pada keselamatan para pekerja. Profesi ini bisa mengantongi gaji hingga Rp 10 juta.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Industri. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.