Jurusan Teknik Grafika

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Grafika

Program studi Teknik Grafika adalahsebuah program studi yang menyiapkan sumber daya manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyedia atau pelaksana dalam bidang grafika, penerbitan, dan pencetakan naskah untuk media elektronik dan cetak.

Biasanya, kurikulum yang dirancang terintegrasi dengan perkembangan teknologi modern di industri grafika berbasis kompetensi produksi dan kewirausahaan.

Perkembangan terakhir di bidang teknologi produksi grafika sebagai usaha untuk melayani tuntutan pemesan yang semakin cepat dan kritis adalah munculnya teknik cetak jarak jauh, instant printing dan yang terakhir print on demand.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Grafika

Semakin banyak jumlah manusia, semakin meningkat sosial ekonomi, semakin tinggi pendidikan dan kebudayaan suatu bangsa, akan semakin banyak memerlukan barang cetakan sebagai sarana komunikasi, alat pembayaran, sebagai pembungkus, dan fungsi-fungsi lain. Lulusan jurusan ini akan memiliki kemampuan wirausaha di bidang industri kreatif.

Selain itu, Teknik Grafika ditunjang fasilitas praktik produksi yang lengkap mulai dari mesin konvensional sampai dengan mesin cetak digital, laboratorium ilmu bahan grafika, simulator cetak, mesin cetak offset satu warna, dua warna dan empat warna, mesin finishing cetak.

Jurusan Teknik Grafika akan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri grafika. Lulusan program studi ini mempunyai kompetensi menguasai bidang pracetak, produksi cetak, pascacetak, pemasaran dan bisnis wirausaha di bidang grafika.

Baca juga:   Jurusan Biomedicine

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknik Grafika cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran TIK, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Grafika

Prospek Karir lulusan bekerja di berbagai sektor seperti perusahaan percetakan, penerbit surat kabar, penerbit majalah, penerbit buku, kehumasan, biro iklan, dan wirausaha mandiri.

Lulusan jurusan ini juga dapat berkarir sebagai Penyelia Pracetak, Penyelia Produksi Cetak, Penyelia Pascacetak, Wirausahawan Bidang Cetak.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Grafika. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *