Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Survey)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Survey)

Teknik Ekonomi Konstruksi adalah salah satu program studi yang mengalami banyak miskonsepsi karena adanya kata ?ekonomi? dalam namanya. Akibatnya banyak yang mengira kalau prodi ini merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, padahal prodi ini lebih banyak mendalami ilmu-ilmu Teknik Sipil dan merupakan bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Program studi ini sendiri lebih dikenal dengan nama Quantity Survey (QS). QS sendiri lebih mengedepankan dari sisi pengendalian biaya konstruksi tanpa mengesampingkan sisi kuantitas pekerjaan, volume pekerjaan, serta aspek penunjang lainnya yang umum di laksanan di dunia konstruksi. Program studi ini mempelajari pengukuran kuantitas konstruksi dari bangunan rumah sederhana sampai dengan bangunan high rise building. Memberikan estimasi biaya awal, investasi, dan cash flow pada suatu proyek. Disini juga akan dipelajari proses tender, bagaimana membuat dokumen tender, hingga mengevaluasi hasil tender.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Survey)

Bingung mau pilih prodi Teknik Sipil atau Ilmu Ekonomi? Di QS kamu bisa dapat keduanya. Prodi ini pas buat kamu yang suka hitung-hitungan, karena disini bakal banyak menghitung seperti menghitung volume, anggaran, dan sebagainya. QS juga cocok kalau kamu suka kerja praktik lapangan karena nantinya bakalan ada tugas untuk mengunjungi proyek-proyek konstruksi yang sedang berjalan.

Baca juga:   Mengenal Jurusan Matematika Bisnis dan Prospek Kerjanya

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Survey) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Survey)

Prospek lulusan QS terbilang sangat bagus karena lulusan QS itu masih sangat sedikit sedangkan pembangunan di Indonesia sedang ramai di berbagai sektor. Sampai saat ini di Indonesia baru ada satu universitas yang menyelenggarakan prodi QS. Padahal peranan QS yang kompeten sangat dibutuhkan agar suatu proyek pembangunan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Peluang lulusannya dalam dunia kerja banyak banget, baik dari sisi konsultan QS, dari sisi kontraktor, bahkan peluang untuk jadi pengajar QS.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi (Quantity Survey). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *