Jurusan Teknik Biomedik (Teknobiomedik)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Biomedik (Teknobiomedik)

Teknik Biomedik atau Biomedical Engineering adalah suatu teknik terapan dalam bidang medis/kedokteran yang membutuhkan berbagai macam disiplin ilmu dalam penguasaan terhadap materi-materinya yang meliputi pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis atau kedokteran.

Jurusan ini menggabungkan kemampuan desain dan pemecahan masalah seorang insinyur terhadap ilmu medis dan biologis, karena menggabungkan beberapa jenis elemen-elemen teknik dan kedokteran yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesembuhan pasien dan kesehatan seseorang secara umum.

Pada jurusan ini akan mempelajari ilmu pengetahuan serta teknik-teknik dasar, yang meliputi hal hal sebagai berikut: ilmu dasar elektronika dan komputer, anatomi tubuh, ilmu faal, ilmu fisika medis, biomedical tranduser serta instrumentasi, desain sistem dan proyek biomedical.

Teknik Biomedik juga melibatkan pembelajaran seputar dunia biologi dengan cara yang baru dan diharapkan sekali untuk d apat mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan, serta untuk memperbaiki organ/ bagian badan yang sakit pada tubuh manusia.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Biomedik (Teknobiomedik)

Para lulusan Teknik Biomedik diharapkan memiliki penguasaan dalam basis matematika, fisika, kimia, dan biologi yang kuat serta ilmu perekayasaan yang menonjol karena bidang pekerjaan yang nanti kedepannya akan berhubungan erat dengan rekayasa medis dan instrumentasi kesehatan. Teknik Biomedik merupakan suatu tempat / wadah bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan yang fokus dan terspesialisasi pada pelayanan kesehatan.

Baca juga:   Mengenal Jurusan Budidaya Perikanan

Diasuh oleh staf pengajar yang kompeten untuk mendukung bidang teknik biomedik, yaitu yang terkonsentrasi pada bidang Biologi Kontrol, Biologi Molekuler, Biologi Reproduksi, Histopatologi, Biofisika, Instrumentasi medik, Rekayasa genetik dan Kimia medisinal.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknik Biomedik (Teknobiomedik) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedik (Teknobiomedik)

Lulusan jurusan ini memiliki peluang yang besar di lapangan kerja dalam bidang kesehatan baik di lembaga layanan kesehatan sebagai tenaga ahli mitra, di bidang industri, maupun bidang pendidikan.

Selain itu lulusan jurusan ini juga memiliki prospek kerja di bidang layanan kesehatan non klinik yaitu menangani peralatan fisik, analisis biologi, dan analisis bahan kimia yang diperlukan dalam bidang medis; dan Bidang Penelitian kesehatan, yaitu sebagai tenaga peneliti yang mengembangkan bahan dan sarana pendukung layanan kesehatan.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Teknik Biomedik (Teknobiomedik). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *