Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Teknik Alat Berat

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Teknik Alat Berat

Teknik Alat Berat adalah suatu program studi yang mempelajari penerapan ilmu fisika dalam praktik mesin-mesin besar yang berfungsi untuk membantu kegiatan konstruksi.

Mesin-mesin besar yang dimaksud adalah alat berat seperti escavator, bulldozer, grader, wheel loader, forklift, dan sebagainya. Pada program studi ini akan dipelajari teknik perancangan dan produksi alat berat, serta metode perawatannya.

Program studi Teknik Alat Berat berbasis vokasi dengan jenjang Diploma 3 (D3).

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Teknik Alat Berat

Sumber daya alam yang tersedia di muka bumi ini sangat berlimpah, dan untuk mengeksploitasinya manusia membutuhkan bantuan tenaga dari alat berat. Karenanya alat berat punya peranan yang penting dalam kegiatan pertambangan dan konstruksi.

Kalau ingin mempelajari Teknik Alat Berat, tidak cukup dengan hanya suka matematika dan fisika, kamu juga harus punya fisik yang kuat. Nggak heran, bisa dibayangkan besarnya komponen-komponen mesin alat berat, kan?

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Teknik Alat Berat cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Alat Berat

Banyak bidang yang membutuhkan lulusan prodi Teknik Alat berat, terutama di sektor pertambangan dan konstruksi. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai operator, tenaga maintenance, maupun teknisi. Lowongan untuk lulusan teknik alat berat selalu tersedia. Banyak perusahaan yang membutuhkan SDM di bidang ini.

Baca juga:   Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Peranmu nantinya begitu penting karena terkait dengan operasional perusahaan. Kamu harus memastikan alat berat yang digunakan perusahaan selalu dalam keadaan siap pakai. Jika misalnya ada masalah, kamu pun akan bertugas untuk menanganinya.

Saat nanti sudah lulus kuliah dan mulai bekerja, kamu tetap harus mau belajar. Karena dunia alat berat itu terus berkembang. Kamu harus mengasah keahlian terus-menerus. Kamu pun harus mau belajar dari senior agar bisa menyerap pengalaman mereka.

Hal penting yang perlu kamu miliki juga adalah kerjasama tim. Dalam sebuah pekerjaan, nantinya kamu bisa bekerjasama dengan banyak orang. Kamu harus memiliki chemistry dengan rekan kerjamu agar tugas bisa terlaksana dengan baik.

Selain itu, selalu utamakan keselamatan kerja. Selalu pastikan prosedur keselamatan kerja dijalankan agar tidak sampai terjadi kecelakaan. Gunakan alat perlindungan kerja yang dibutuhkan sebelum melakukan pekerjaan.

Tak hanya di dalam negeri, kamu pun bisa bekerja di bidang operation dan maintenance di luar negeri. Banyak perusahaan luar negeri yang membutuhkan SDM di bidang ini. Tentu jika ingin bekerja di luar negeri, sebaiknya kamu juga memiliki kemampuan berbahasa asing agar lebih mudah berkomunikasi.

Mengenai gaji & jenjang karier pun menjanjikan. Jika di awal masuk kerja mungkin kamu menjabat sebagai operator, namun nantinya bisa naik menjadi supervisor dan bahkan manajer bidang operasi dan perawatan. Di level manajer, gaji yang bisa kamu terima minimal Rp15 juta per bulannya.

Tak hanya di bidang operasi dan perawatan, kamu pun bisa bekerja sebagai perancang mesin alat berat. Jika kamu mamilih profesi ini, tugasmu adalah merancang mesin alat berat yang efisien, aman, dan andal. Gaji sebagai perancang mesin alat berat bisa mencapai Rp20 juta per bulan.

Baca juga:   Jurusan Fisika

Pilihan bidang profesi yang juga bisa kamu pilih adalah sebagai welding engineer. Tugasmu adalah memastikan kekuatan sambungan las agar alat atau mesin tersebut bisa berfungsi sebagaimana seharusnya. Gaji welding engineer pun terbilang besar. Untuk junior welding engineer bisa menerima gaji sekitar Rp8 juta per bulan.

Banyak pilihan profesi yang bisa kamu pilih dengan kuliah di teknik alat berat. Yang terpenting sekarang adalah kamu serius kuliah dan bisa lulus dengan baik.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.