Jurusan Tafsir Hadits

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Tafsir Hadits

Program studi Tafsir Hadits bertujuan untuk mencetak dan membentuk generasi yang senantiasa berpedoman kepada Al-Quran dan Al-hadis. Selain itu, program studi ini akan membekali mahasiswanya dengan kemampuan untuk mentranformasikan nilai-nilai Al-Qur?an dan Al-hadis dalam berfikir dan bertindak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Tafsir Hadits

Problem-problem baru yang muncul dalam masyarakat saat ini, tentunya membutuhkan penyelesaian baru. Membutuhkan penafsiran baru yang ramah lingkungan, yang bisa membawa rahmat bagi seluruh alam. Seperti jargon agama Islam, agama rahmatal lil ?alamin. Dari sini, program studi tafsir hadis, menjadi penting adanya. Program studi ini dapat menghasilkan sarjana yang menguasai ilmu-ilmu al-Qur?an dan ilmu-ilmu Hadis, sarjana yang mampu memproduksi pemikiran-pemikiran baru yang berasal dari dua sumber pokok Islam tersebut. Dua sumber hukum Islam yang selalu menjadi rujukan istimewa bagi para penganutnya. Sebagai sumber rujukan pertama dan kedua dalam pengambilan keputusan ajaran Islam, tentunya kajian terhadap dua objek tersebut menjadi hal yang sangat dibutuhkan selama agama Islam masih dianut oleh manusia di bumi ini.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Tafsir Hadits cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Agama, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Computerized Accounting

Prospek Kerja Jurusan Tafsir Hadits

Lulusan program studi ini berwenang menjadi peneliti di bidang tafsir, sosial-keagamaan, konsultan atau penyuluh agama dan pegawai kantor kementerian agama pusat, wilayah, kabupaten, maupun kota. Lulusan Program Studi Tafsir Hadis juga banyak dibutuhkan masyarakat terutama pondok pesantren. Selama ini pondok pesantren masih lebih banyak mengajarkan pemikiran-pemikiran Islam Salaf. Dengan masuknya lulusan Program Studi Tafsir Hadis sebagai tenaga pengajar di pondok pesantren, alumni pondok pesantren diharapkan akan lebih mampu menjawab persoalan-persoalan kontemporer yang berkembang di masyarakat dengan basis al-Qur’an dan Hadis. Selain itu, lulusan Program Studi Tafsir Hadis juga memiliki peluang untuk menjadi guru sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Tafsir Hadits. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *