Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi Bisnis

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Sistem Informasi Bisnis

Pada program studi Sistem Informasi Bisnis, kita akan mendapatkan pengetahuan di bidang sistem informasi, teknologi, dan bisnis dengan porsi yang seimbang.

Mahasiswa program studi Sistem Informasi Bisnis akan dipersiapkan untuk menjadi seorang technopreneur yang handal dengan di bekali ilmu teknologi sistem informasi yang diperlukan dalam membentuk dan mengelola suatu start-up. Mahasiswa difokuskan untuk memiliki skill yang profesional untuk memecahkan masalah bisnis dengan pemanfaatan teknologi sistem informasi.

Untuk saat ini, ada dua universitas terbaik untuk berkuliah di Jurusan Sistem Informasi Bisnis di Indonesia:

  • Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta
  • Universitas Ciputra (UC), Surabaya

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Sistem Informasi Bisnis

Di zaman ini, teknologi menjadi komponen utama di setiap aspek kehidupan, terutama bisnis. Teknologi dan sistem informasi sangat diperlukan di setiap bidang yang bersinggungan dengan bisnis, baik marketing, akuntansi, dan sebagainya.

Selain itu teknologi dan informasi itu sendiri dapat dijadikan sebuah peluang bisnis yang baru. Karena itu, pelajaran yang akan di dapatkan dari program studi ini akan sangat bermanfaat di era modern ini, terutama untuk kamu yang tertarik memulai bisnis startup.

Baca juga:   Jurusan Matematika

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Sistem Informasi Bisnis cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Mata Kuliah yang dipelajari di Prodi Sistem Informasi Bisnis

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Sistem Informasi Bisnis edufriends:

  • Akuntansi dan Keuangan
  • Pemrograman
  • Basis Data
  • Enterprise Resource Planning
  • E-Business
  • Analisis Proses Bisnis
  • Digital Marketing
  • Customer Relationship Management
  • Supply Chain Management
  • Jaringan Komputer
  • International Business
  • Data Warehouse
  • Data Mining
  • Pengembangan Aplikasi Web Desktop dan Mobile
  • Matematika Bisnis
  • Perancangan Sistem

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Bisnis

Prospek kerja lulusan Sistem Informasi Bisnis tampaknya akan sangat bagus di masa datang, sebab pengetahuan dan keterampilan teknolgi dan sistem informasi yang di miliki lulusannya akan memperkaya ilmu bisnis yang dimilikinya, sehingga menjadi nilai plus yang banyak dicari oleh berbagai organisasi atau perusahaan.

Dengan menekankan segi analisis bisnis dan manajemen, lulusan Sistem Informasi sangat cocok bekerja sebagai ahli IT di perusahaan. Berikut dibawah ini beberapa prospek kerja lainnya untuk lulusan Jurusan SIB:

COMPUTER ENGINEERING

Computer Engineering sering disebut juga teknik komputer. Tugas dari profesi ini akan sangat berkaitan dengan sistem komputer. Mulai dair membangun jaringan yang nantinya digunakan untuk transfer data, mengembangkan teknik-teknik membuat komputer agar lebih cepat, mobile, dan lain sebagainya. Profesi ini juga bertugas menganalisa, menemukan, bahkan memecahkan masalah pada sistem komputer. Computer engineering berfokus pada perangkat keras dan lunak.

DATA ANALYST

Istilah lain dari Data Analyst adalah Business Data Analyst. Tugas utama profesi ini adalah mengumpulkan data. Setelah informasi dikumpulkan maka akan dilakukan pengklasifikasian atau pengorganisasian. Terakhir seorang data analis akan menjadikan data yang sudah diolah menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan ataupun hal lainnya.

Baca juga:   Jurusan Branding

DATABASE ADMINISTRATOR

Database Administrator merupakan profesi yang tugas utamanya merancang, mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database. Ini akan berkaitan dengan programmer. Database Administrator juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa depan.

SYSTEM ENGINEER

Jika kamu memiliki minat pada sesuatu yang kompleks, profesi System Engineer mungkin menarik untukmu. Tugas seorang System Engineer mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. System Engineering sendiri merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasan dan manajemen rekayasan.

INFORMATION SYSTEM MANAGER

Sebagai seorang Information System Manager, kamu kelak akan mengendalikan sistem agar dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Lebih dikenal sebagai IS Manager, tugas profesi ini mencakup perencanaan, instalasi, dan maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software.

SOFTWARE ENGINEER

Software Engineer sering juga disebut Rekayasa Perangkat Lunak, tugasnya Mengembangkan software Maintenance, software Manajemen organisasi dan juga menjaga kualitas software.

ENTERPRISE RESOURCE PLANNIG (ERP)

Aplikasi ERP merupakan software yang bisa memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan untuk mengintegrasikan semua aktifitasnya baik itu proses bisnis ataupun organisasi. Dengan harapan kemudahan proses bisnis dan organisasi yang membaik, tidak jarang suatu perusahaan atau instansi berani menggelontorkan dana yang cukup besar untuk mengaplikasikan ERP ini.

UI/UX DEVELOPER

User Interface (UI) Developer merupakan pekerjaan yang sangat mirip dengan web designer. Perbedaan utamanya yaitu jika web designer hanya mendesain web saja UI Developer harus bisa mendesain tampilan aplikasi baik desktop, web, ataupun mobile. Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem (aplikasi web, desktop, atau mobile). Mereka akan sangat mendetail terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi apakah memperumit atau mempermudah penggunanya.

Baca juga:   Jurusan Seni Rupa Murni (Fine Arts)

Selain dalam mencari kerja, lulusan Sistem Informasi Bisnis juga sangat memungkinkan untuk mengembangkan usaha atau bisnis sendiri yang berbasis teknologi, sebab pada program studi ini, mahasiswa dibekali dengan keterampilan entrepreneurship.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.