Jurusan Silvikultur

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Silvikultur

Silvikultur merupakan perpaduan antara ilmu dan seni menumbuhkan hutan yang menyajikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi pembangunan, dan rehabilitasi hutan yang mampu berperan aktif dalam meningkatkan produktivitas dan manfaat sumberdaya hutan untuk kesejahteraan masyarakat. Program studi ini berfokus pada perawatan tegakan hutan untuk menjamin produktivitas. Silvikultur juga erat kaitannya dengan reforestasi lahan hutan yang telah kritis akibat tangan manusia. Disini Silvikultur berperan dalam memberi arahan rancangan pembangunan dan pemeliharaan tegakan hutan melalui pengaturan komposisi, struktur dan pertumbuhan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Silvikultur

Sebagian besar wilayah hutan di Indonesia telah diubah menjadi pemukiman, lahan pertanian, perkebunan, dan industri. Oleh sebab itu, diperlukan proses budidaya hutan untuk peremudaan dan perawatan hutan agar hutan dapat lestari hingga generasi yang akan datang. Jurusan ini cocok untuk kamu cinta lingkungan dan bertekad untuk melindungi ekosistem, khususnya hutan.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Silvikultur cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Silvikultur

Lulusan prodi ini bergelar Sarjana Kehutanan (S.Hut). Lulusannya banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional untuk pengembangan dan pembudidayaan hutan di kawasan industri sehingga dapat terehabilitasi dengan lebih baik. Lulusan Silvikultur juga dibutuhkan di lembaga-lembaga pemerintahan seperti Kementerian Pertanian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan perguruan-perguruan tinggi.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Silvikultur. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *