Jurusan Seni Pedalangan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Seni Pedalangan

Program studi Seni Pedalangan adalah salah satu prodi yang sangat spesifik, menghasilkan sarjana Seni Pedalangan adalah salah satu program studi yang sangat spesifik, menghasilkan sarjana Seni Pedalangan yang ahli dalam bidang Pewayangan dan Pedalangan. Prodi ini mempelajari seni pertunjukan wayang tradisional dan konsep dasar pakeliran (instrumen dalam pementasan wayang). Seorang dalang harus dapat membangun isi dari cerita, dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan nilai-nilai kekinian.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Seni Pedalangan

Prodi ini memang ditujukan sebagai upaya konservasi dan melestarikan seni tradisional yang mulai terkikis oleh kebudayaan modern. Prodi ini cocok banget untuk kamu yang punya kepedulian tinggi dengan eksistensi seni budaya lokal dan ingin mengembalikan kejayaan seni tradisional di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan dunia. Seni Pendalangan merupakan prodi yang tepat untuk kamu yang suka bercerita dan punya ketertarikan dalam dunia perwayangan.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Seni Pedalangan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Seni Budaya, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Seni Pedalangan

Prodi ini juga merupakan salah satu prodi yang dianggap sebelah mata oleh sebagian orang, sebab kesenian tradisional sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat, terutama anak muda. Karenanya lulusan prodi ini dianggap tidak memiliki prospek yang bagus. Padahal, lulusan Seni Pendalangan dapat berkarir tidak hanya sebagai dalang, tapi juga sebagai penulis naskah, peneliti, dan pengamat seni, khususnya kesenian tradisional nusantara.

Baca juga:   Jurusan Tafsir Hadits

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Seni Pedalangan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *