Jurusan Seni Karawitan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Seni Karawitan

Program studi Seni Karawitan mempelajari seni musik tradisional atau seni musik daerah khususnya di Jawa, Madura dan Bali. Tapi kamu tidak sebatas belajar seni musik daerah tersebut saja, tapi juga musik-musik daerah lainnya di Indonesia. Di sini kamu akan belajar memainkan berbagai instrumen musik tradisional seperti suling, kecapi, rabab, gamelan, dan gendang. Tidak hanya belajar memainkan alat musik, kamu juga akan belajar teknik vokal dalam musik tradisional, khususnya lagi ?nyinden?. Nantinya kamu akan dapat mengaransemen dan menciptakan karya seni karawitan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Seni Karawitan

Prodi ini memang ditujukan sebagai upaya konservasi dan melestarikan seni tradisional yang mulai terkikis oleh kebudayaan modern. Prodi ini cocok banget untuk kamu yang punya kepedulian tinggi dengan eksistensi seni budaya lokal dan ingin mengembalikan kejayaan seni tradisional di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan dunia, terutama seni musik tradisional.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Seni Karawitan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Seni Budaya, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Seni Karawitan

Banyak yang memiliki ekspektasi rendah terhadap prospek lulusan prodi ini. Apalagi banyak yang beranggapan untuk jadi sinden tidak perlu sampai sarjana. Namun nyatanya lulusan prodi Seni Karawitan dapat menjadi ahli di bidang seni karawitan. Lulusannya dapat menjadi pengrawit, komposer, dan peneliti musik. Lulusan Seni Karawitan memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mempopulerkan musik tradisional di kancah internasional.

Baca juga:   Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis Syariah

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Seni Karawitan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *