Jurusan Sastra Minangkabau

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Sastra Minangkabau

Sastra Minangkabau merupakan program studi yang mempelajari sastra daerah Sumatera Barat. Kalau mendengar ?sastra daerah Sumatera Barat? bisa jadi yang terlintas dipikiran kamu adalah belajar ?bahasa Padang?. Pastinya kurang tepat, karena di program studi ini kamu bukanlah mempelajari bahasa Padang, karena tanah Minangkabau lebih luas dari sekedar Kota Padang, melainkan mencakup seluruh area Sumatera Barat itu sendiri. Pada prodi ini kamu akan mengkaji banyak karya sastra daerah Minangkabau serta kebudayaan-kebudayaannya. Mempelajari Sastra Minangkabau akan membuat kamu paham akan sejarah kebudayaan yang berkembang di tanah Minangkabau. Sama dengan daerah lainnya di Indonesia, Sumatera Barat juga memiliki segudang kesenian dan karya sastra yang dipengaruhi oleh budaya dan bahasa Belanda serta Arab Melayu. Karenanya, jangan heran kalau nantinya kamu akan turut mempelajari Bahasa Belanda, Bahasa Arab, dan membaca tulisan Arab Melayu.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Sastra Minangkabau

Beragam suku bangsa dengan bahasa dan budaya yang berbeda-beda membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan kebudayaan. Sumatera Barat merupakan satu dari 34 provinsi di Indonesia yang memiliki kebudayaan yang khas. Namun seiring berjalannya waktu, kebudayaan daerah perlahan mulai ditinggalkan oleh generasi muda, dan mulai terkikis oleh globalisasi. Karena itu, Indonesia membutuhkan ahli di bidang kebudayaan yang dapat mempertahankan kearifan budaya lokal, khususnya budaya Minangkabau.

Baca juga:   Jurusan Teknologi Bioproses

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Sastra Minangkabau cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Seni Budaya, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Minangkabau

Lulusan prodi Sastra Minangkabau tidak kalah dengan lulusan sastra lainnya. Sebagai lulusan Sastra Minangkabau kamu dapat membawa karya sastra dan kebudayaan Minangkabau agar dikenal luas hingga ke kancah Internasional. Lulusan prodi ini dapat berkarir sebagai sastrawan, penulis, penerjemah, dan editor.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Sastra Minangkabau. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *