Jurusan Sastra Jawa

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Sastra Jawa

Program studi Sastra Jawa khusus mempelajari linguistik, bahasa, karya sastra, dan kebudayaan Jawa. Para mahasiswa Sastra Jawa tidak dipersiapkan untuk menjadi pelaku budaya, dalang, sinden, pemain gamelan, atau penembang. Di program studi ini kamu akan banyak menemui naskah-naskah jawa kuno dengan berbagai topik bahasan mulai dari filsafat, politik, hingga kesehatan. Mahasiswa program studi Sastra Jawa dipersiapkan untuk menjadi peneliti budaya Jawa.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Sastra Jawa

Apabila kamu punya minat yang besar terhadap kebudayaan Jawa, maka jurusan Sastra Jawa ini bisa kamu pilih. Program studi ini memang terkesan kuno, tapi dengan mempelajari ilmu dan budaya Jawa melalui naskah-naskah kunonya, kamu jadi memahami seluk-beluk budaya Jawa dan menumbuhkan semangat untuk melestarikannya.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Sastra Jawa cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Seni Budaya, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jawa

Prospek kerja lulusan Sastra Jawa memang terbatas. Jurusan ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa yang benar-benar ingin memperdalam budaya Jawa.Seorang lulusan program studi Sastra Jawa dapat bekerja sebagai ahli bahasa, peneliti kebudayaan Jawa, dosen dan guru Bahasa Jawa, atau penerjemah.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Sastra Jawa. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Baca juga:   Jurusan Tata Busana

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *