Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Program studi Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat adalah salah satu program studi yang hanya tersedia di Institut Pertanian Bogor (IPB). Prodi ini mempelajari tentang cara mengembangkan suatu masyarakat dengan menggunakan metode komunikasi. Mahasiswa dari program studi Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat nantinya diharapkan bisa menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan sosiologi, antropologi, psikologi sosial, komunikasi, ekologi manusia, penyuluhan, kependudukan, dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang penyuluhan, komunikasi pembangunan, ekologi politik, sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat, agar dapat berperan sebagai penyuluh, komunikator pembangunan dan pekerja pengembangan masyarakat dan tanggung jawab sosial.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Senang dengan kegiatan sosial dan ingin menjadi agen perubahan yang bisa mengembangkan taraf hidup sebuah masyarakat? Program studi ini cocok untuk kamu! Di program studi ini kamu akan diajak untuk melihat sebuah masalah sosial dan mencari alternatif pemecahannya dengan beragam metode komunikasi. Kamu akan belajar bertemu dan berdialog dengan berbagai jenis masyarakat yang pastinya berguna banget untuk mengasah soft skill di bidang komunikasi.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Sosiologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Kesehatan Lingkungan

Prospek Kerja Jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Prospek kerja program studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat terbilang cukup luas. Lulusannya dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga riset, tenaga pendidik, program specialist di beragam NGO, Kementrian Sosial, menjadi Corporate Social Responsibility (CSR), hingga bekerja di beragam media seperti televisi, media cetak, maupun media online.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *