Jurusan Psikologi

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Psikologi

Psikologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Program studi ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia. Ilmu psikologi ini seringkali digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks.

Ilmu Psikologi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Sosial. Prodi Psikologi di beberapa perguruan tinggi tergolong dalam kategori saintek, dan di beberapa perguruan tinggi lainnya tergolong dalam kategori soshum.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Psikologi

Psikologi adalah salah satu prodi paling populer di Indonesia. Selain mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia, lapangan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, begitu pula dengan pilihan jalur karier yang beragam.

Belajar Psikologi itu seru banget, kamu akan jadi paham perilaku dan kepribadian manusia. Kalau gosipnya anak Psikologi bisa baca pikiran orang atau bakal kerja di rumah sakit jiwa, ini salah! Masih banyak yang belum mengerti bedanya psikolog dan psikiater. Disini kamu akan dapat jawabannya.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Psikologi cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Sosiologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Cyber Security

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Psikologi salah satu prodi yang banyak dicari di dunia kerja. Kemampuan lulusannya untuk menganalisis perilaku dan kepribadian manusia sangat bermanfaat untuk berbagai industri.

Seorang Sarjana Psikologi dapat berkarir sebagai konsultan psikologi/psikolog, ahli psikometri yang tugasnya membuat pengukuran psikologis, pengajar psikologi, dan recruiter atau talent acquisition di berbagai perusahaan. Di instansi pemerintahan, lulusan Psikologi juga dibutuhkan sebagai ahli intervensi sosial yang tugasnya membantu pemerintah menangani konflik-konflik dalam kelompok atau komunitas tertentu di masyarakat.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Psikologi. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *