Jurusan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi

Penginderaan Jauh adalah ilmu teknik untuk memeroleh informasi dari suatu objek yang berada disekitar permukaan bumi tanpa melalui kontak langusng, melainkan dengan bantuan teknologi sensor untuk menghasilkan citra. Sementara Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah sistem berbasis komputer untuk mengelola data-data informasi spasial yang memiliki referensi lokasi pasti di permukaan bumi.

Program studi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (PJSIG) tersedia di Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada dalam jenjang pendidikan D3. Program Diploma Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi atau disingkat PJSIG mirip dengan program studi Kartografi dan Penginderaan Jauh. Namun di program studi PJSIG kita akan lebih banyak mendapatkan kegiatan praktikum.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi

Program studi ini cocok untuk kamu yang suka dengan pelajaran geografi, tertarik dengan korelasi antara kondisi permukaan bumi dengan tata kota dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan sosial, pemetaan, dan hal-hal seperti menginterpretasi citra satelit. Namun geografi yang ditekankan dalam program studi ini masuk ke dalam rumpun saintek IPA, bukan IPS seperti yang biasa kita tahu di SMA.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Geografi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Prospek Kerja Jurusan Teknik Nuklir

Prospek Kerja Jurusan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi

Ilmu tentang PJSIG sangat diperlukan dalam survei pemetaan untuk perencanaan kota, pengelolaan sumberdaya baik hutan, mineral, dan kelautan, mitigasi bencana, hingga manajemen fasilitas jaringan telekomunikasi. Lapangan kerja PJSIG sangat luas sehingga lulusannya dapat bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), LAPAN, BPN (Badan Pertanahan Nasional), Departemen Pendidikan Nasional, Bappeda Provinsi/kabupaten, Pemerintah Daerah, Departemen Kehutanan.

Lulusannya juga dapat bekerja di perusahaan swasta yang bergerak di sektor survei dan Pemetaan, Kesehatan, Pertanian dan Perkebunan, Pertambangan, Ekonomi dan Perbankan, Kehutanan, dan lain-lain.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *