Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi peneliti dan pengajar pendidikan jasmani. Hal-hal yang dipelajari di prodi PJKR ermacam-macam, diantaranya adalah pendidikan jasmani untuk memberikan pendidikan terkait kegiatan jasmani dengan melatih siswa dari aspek fisik, psikomotor, kognitif, afektif dan sosial secara bersamaan; kesehatan dan pembelajaran terkait gizi, fisiologi, anatomi, serta keamanan dan keselamatan; dan juga rekreasi di mana siswa diajarkan berbagai permainan dan kegiatan lapangan yang tujuannya untuk beristirahat dari kejenuhan rutinitas.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Banyak yang menganggap remeh kehadiran guru Penjaskes di sekolah, padahal guru Penjaskes memiliki peranan yang cukup signifikan dalam kelancaran proses belajar-mengajar di sekolah, lho.

Maka dari itu, jika kamu memang punya passion dalam mengajar, dan menyenangi bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, tidak ada salahnya untuk mendalami program studi PJKR ini. Apalagi jadi guru Penjaskes nggak kalah hebat dan menarik dengan guru lainnya, lho.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan yang satu ini cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Pend Jasmani, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Teologi (Ilmu Agama Kristen)

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Lulusan PJKR akan memeroleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). banyak yang salah kaprah akan prospek lulusan PJKR. Mayoritas akan mengira lulusan PJKR akan menjadi guru olahraga, padahal cakupan PJKR lebih luas daripada sekedar olahraga.

Lulusan program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi juga bisa menjadi instruktur olahraga, pelatih pribadi, pelatih atlet, dan bahkan pengusaha yang membangun pusat kebugaran sendiri.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *