Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD). Program studi ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Di sini, para mahasiswa mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. Tak hanya pemahaman akademis, para mahasiswa juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial. Mengapa? Guru SD bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Guru SD memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Apa sih yang menarik dari jurusan ini? Memang, jika dibandingkan dengan program studi yang lain, PGSD kurang populer. Namun, bukan berarti jurusan ini harus kamu hindari. Malah sebaliknya, PGSD bisa menjadi pilihan yang tepat karena profesi guru SD memegang peran yang sangat penting untuk masa depan Indonesia. Saat ini kita membutuhkan tenaga-tenaga pengajar yang berkualitas, terutama untuk banyak daerah di luar pulau jawa. Sangat menantang bukan?

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran PPKN, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Mengenal Jurusan Sastra Rusia

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Para lulusan program studi ini mempunyai prospek bekerja yang jelas, utamanya adalah menjadi guru sekolah dasar. Saat ini, ketersediaan guru SD masih sedikit dan belum memenuhi kebutuhan, terutama di daerah-daerah pedalaman, Jika kamu memilih kuliah di jurusan ini, kamu bisa berkarya di daerah pedalaman yang membutuhkan tenagamu sebagai guru.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *