Jurusan Pemuliaan Tanaman

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Pemuliaan Tanaman

Mungkin banyak yang bertanya, Pemuliaan Tanaman itu apa, sih? Sebenarnya Pemuliaan Tanaman adalah kegiatan merubah strukur genetik tanaman dengan tujuan untuk memperbaiki mutu genetik demi mendapatkan kualitas tanaman yang lebih baik.

Sederhananya, Pemuliaan Tanaman ini dilakukan untuk membuat suatu tanaman berbuah lebih banyak, memiliki buah yang manis, lebih subur, mampu bertahan pada kondisi ekstrem, dan sebagainya.

Beberapa kampus yang menyediakan jurusan ini antara lain:

  • Universitas Brawijaya
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Gadjah Mada

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Pemuliaan Tanaman

Pemuliaan Tanaman pastinya berkaitan dengan pelajaran biologi. Tapi nggak cuma biologi, di program studi Pemuliaan Tanaman kita akan mempelajari kimia dan fisika dasar, juga akan banyak praktikum.

Di sini kamu akan banyak berurusan dengan genetika tanaman dan rekayasanya. Nah, kalau kamu suka hal-hal tersebut, program studi ini bisa jadi pilihanmu.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Pemuliaan Tanaman cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Pemuliaan Tanaman

Para lulusan program studi ini dapat bekerja pada industri benih yang saat ini tengah berkembang di Indonesia. Sektor perkebunan juga banyak membutuhkan para sarjana lulusan Program Studi Pemuliaan Tanaman.

Baca juga:   Jurusan Teknik Perpipaan

Peluang kerja yang besar tersebut dapat dilihat dari banyaknya alumni program studi ini yang telah bekerja di berbagai lembaga penelitian pertanian, perusahaan benih seperti PT Pioneer (produsen benih jagung BISI), PT East West Seed Co. (produsen sayuran Cap Panah Merah), berbagai perkebunan di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Tidak sedikit pula para lulusan program studi ini yang memilih berwiraswasta di bidang pertanian.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Pemuliaan Tanaman. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *