Jurusan Muamalah (Hukum Ekonomi Islam)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Muamalah (Hukum Ekonomi Islam)

Muamalah adalah bidang ilmu fiqh yang membahas hubungan antara individu maupun kelompok yang mencakup persoalan harta benda dan aturan-aturan yang menyertainya. Secara keilmuan, kajian kemuamalahan pada Program Studi Muamalah difokuskan pada bidang hukum ekonomi syariah yang kemudian dibagi lagi ke dalam dua konsentrasi, Hukum Perbankan Syariah dan Hukum Bisnis Syariah.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Muamalah (Hukum Ekonomi Islam)

Kalau kamu tertarik mendalami syariah islam terutama dalam bidang hukum dan ekonomi, jurusan ini cocok banget untukmu. Di jurusan Muamalah, kamu akan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai hukum-hukum dalam bidang ekonomi perbankn hingga mampu untuk mengembangkan model desain kontrak atau akad muamalah di institusi ekonomi, perbankan dan keuangan syariah.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Muamalah (Hukum Ekonomi Islam) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Ekonomi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Muamalah (Hukum Ekonomi Islam)

Lulusan program studi Muamalah memiliki prospek kerja yang cukup mumpuni. Nggak hanya bisa di industri ekonomi dan perbankan seperti pegadaian, asuransi syariah, dan perbankan syariah; alumni program studi Muamalah juga bisa bekerja di bidang hukum seperti pengacara dan di Pengadilan Agama.

Baca juga:   Jurusan Akuntansi

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Muamalah (Hukum Ekonomi Islam). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *