Mengenal Jurusan Meteorologi

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Meteorologi

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari bumi beserta gejala-gejalanya, terkait dengan komponen-komponen yang terkandung di dalamnya, terutama gas dan udara.

Para mahasiswanya akan mempelajari penyebab perubahan iklim yang punya pengaruh sangat signifikan terhadap kelangsungan hidup manusia. Misal, musim panen, kemarau panjang, hujan berbadai, angin kencang, dan lain sebagainya.

Sayangnya, jurusan ini masih terbatas. Beberapa kampus yang ada jurusan meteorologi adalah: Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Halu Oleo, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Meteorologi

Apabila kamu tertarik untuk mempelajari mengenai perubahan iklim, perilaku bumi, dan dampaknya terhadap kehidupan seluruh makhluk yang ada di dalamnya, maka program studi Meteorologi jadi pilihan yang pas untuk kamu!

Dengan mempelajari Meteorologi kamu jadi memahami fenomena-fenomena alam khususnya iklim dan cuaca, dan menganalisanya untuk membantu lingkungan sekitarmu.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Meteorologi cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Geografi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Meteorologi

Perubahan iklim sering terjadi dan susah diprediksi. Oleh karena itu peran lulusan Meteorologi akan selalu relevan. Prospek kerja dari lulusan Meteorologi antara lain adalah sebagai analis cuaca dan spesialis iklim di Badan meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), BPPT, serta lembaga-lembaga sejenis.

Baca juga:   Jurusan Teknologi Bioproses

Selain itu, lulusan dari program studi ini juga bisa menjadi peneliti dan pengajar di bidang Meteorologi dan Klimatologi.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Meteorologi. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *