Jurusan Manajemen Rantai Pasok

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Rantai Pasok

Program studi Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) adalah disiplin ilmu turunan dari program studi Teknik Industri, Manajemen Operasi, dan Manajemen Logistik. Di program studi Manajemen Rantai Pasok, kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan proses penyampaian dan pengelolaan aliran informasi-dana-barang, baik dari segi Business-to-Business (B2B) ataupun Business-to-Customer (B2C), mulai dari bahan baku sampai ke produk jadi di tangan pelanggan. Aktivitas yang menjadi pokok pembelajaran program studi ini meliputi penyediaan bahan baku dan bagian-bagiannya, manufaktur dan perakitan, pergudangan dan pelacakan inventaris, pencatatan pemesanan dan manajemen pesanan, distribusi ke seluruh saluran, pengiriman ke pelanggan, dan sistem-sistem informasi yang diperlukan untuk memantau keseluruhannya sebagai suatu proses yang terintegrasi.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Rantai Pasok

Zaman sekarang, kegiatan jual beli online sudah sangat ramai dan hampir semua perusahaan berlomba-lomba untuk menjual produknya secara on-line. Untuk memastikan usahanya berjalan dengan baik, maka sebuah bisnis online perlu memastikan bahwa pesanan diterima sesuai dengan model dan kualitas yang diinginkan, sebanyak yang diinginkan, dan pada waktu yang telah dijanjikan. Perkembangan industri kreatif, perkembangan bisnis online, dan berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan meningkatkan bisnis SCM sebesar 15-20 % per tahun sehingga Asosiasi Logistik Indonesia memperkirakan kebutuhan sumber daya manusianya mencapai 17.000 orang/tahun. Ditambah lagi peluang bisnis di bidang SCM khususnya logistik saat ini mencapai 2.000 trilyun Rupiah, namun pengusaha di bidang ini baru bisa menangkap peluang sebesar 300 trilyun Rupiah. Kebayang, ‘kan, sebesar apa peluang karier dan prospek kerja untuk lulusan Manajemen Rantai Pasok di masa depan?

Baca juga:   Jurusan Teknik Perkapalan

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Manajemen Rantai Pasok cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Ekonomi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Rantai Pasok

Lulusan program studi Manajemen Rantai Pasok secara konvensional banyak diperlukan di perusahaan-perusahaan manufaktur. Tapi, seiring berkembangnya teknologi dan globalisasi, lulusan Manajemen Rantai pasok juga sangat dibutuhkan dalam berbagai industri kreatif, e-commerce, serta ekspor-impor.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Manajemen Rantai Pasok. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *