Jurusan Manajemen Produksi Media

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Produksi Media

Program studi Manajemen Produksi Media adalah sebuah program studi berjenjang D-IV yang saat ini di Indonesia baru ada di kampus Universitas Padjajaran (UNPAD).

Secara garis besar di prodi ini mahasiswanya akan mempelajari tentang bagaimana caranya mengkoordinasikan berbagai kegiatan yang menyangkut pengambilan keputusan pengambilan keputusan atas sebuah proses produksi media agar tercapai tujuan yang diharapkan.

Beberapa kompetensi yang diajarkan di progra studi ini antara lain berupa: penyusunan dan produksi aneka media elektronik dan cetak, operasi master kontrol ruang penyiaran, riset produksi media, produksi iklan multimedia, pengarahan program media siaran radio dan televisi, dan masih banyak lagi.

Dikuti dari laman resminya, UNPAD menyelenggarakan jurusan ini dengan tujuan:

  1. Menyelenggarakan pendidikan komunikasi terapan yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi.
  2. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing internasional dan sesuai. dengan tuntutan lapangan kerja dalam bidang komunikasi terapan.
  3. Memperkuat dan mengembangkan jaringan kelembagaan ilmu komunikasi terapan dengan PTN dan PTS di tingkat nasional dan internasional.
  4. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik dan fasilitas penunjangnya.
  5. Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang mumpuni baik secara jasmani dan rohani.
  6. Mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui peningkatan kuantitias dan kualitas kegiatan kemahasiswaan.

Beberapa matakuliah spesifik yang dipelajari disini antara lain:

  1. Produksi Konten Media
  2. Pengantar Produksi Audio
  3. Retorika
  4. Dasar Penulisan Multimedia
  5. Pengantar Ilmu Komunikasi
  6. Fotografi
  7. Dasar Desain Grafis
  8. Pengantar Produksi Video
  9. Hukum dan Etika Media Massa
  10. Komunikasi Massa
  11. Kewirausahaan Komunikasi
  12. Komunikasi Korporat
  13. Desain Komunikasi Visual

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Produksi Media

Kalau kamu memiliki minat yang besar untuk bekerja di industri media kreatif, program studi ini akan mengajarkan kamu semua hal yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana sistem produksi program-program televisi, radio, media online, maupun media-media lainnya bekerja.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Selain itu, industri media yang dinamis dan akan terus hidup menjanjikan prospek kerja yang cukup mumpuni nih buat para lulusannya.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Manajemen Produksi Media cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Seni Budaya, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Produksi Media

Lulusan dari program studi Manajemen Produksi Media memiliki prospek kerja yang cukup luas. Lulusannya dapat bekerja di stasiun televisi maupun radio sebagai penyiar, manajer produksi, produser program, hingga konsultan media.

Belum lagi dengan menjamurnya media-media online belakangan, prospek kerja manajemen produksi media pun meluas. Tidak hanya mereka bisa memproduksi sebuah progrma untuk televisi dan radio, melainkan bisa merambah ke media-media online berbasis streaming seperti YouTube atau Podcast.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *