Jurusan Manajemen Pendidikan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Pendidikan

Program studi Manajemen Pendidikan bertujuan mencetak para lulusan yang menguasai bidang perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan aset, infrastruktur, dan jalannya proses pendidikan. Manajemen pendidikan relevan untuk lembaga pendidikan di bawah pemerintah atau swasta. Para mahasiswa program studi ini akan mendapatkan pembelajaran dan pelatihan di bidang manajemen pendidikan, dari teori, praktek, sampai penelitian. Para mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan mempelajari kebijakan pendidikan, manajemen dan pengembangan SDM, manajemen keuangan, teknologi informasi, dan pengembangan kurikulum. Mahasiswa program studi ini juga dituntut untuk terbiasa berpikir kritis dan taktis.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Pendidikan

Untuk berkarier di bidang pendidikan, kamu tidak harus menjadi guru. Di sebuah sekolah atau lembaga pendidikan, kamu bisa menjadi kepala sekolah, personalia, dan staf-staf tata usaha dan administrasi. Nah, profesi ini memang tidak langsung berhadapan dengan para siswa secara formal, melainkan lebih pada manajemen sekolah dan program-programnya.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Manajemen Pendidikan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Ekonomi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, kesempatan berkarier di manajemen pendidikan sangat besar. Kelancaran proses belajar mengajar dalam suatu lembaga pendidikan atau sekolah sangat ditentukan oleh manajemen di lembaga pendidikan itu sendiri, yang mengelola semua aspek fisik dan non fisik di sekolah. Prospek yang ditawarkan untuk lulusan Manajemen Pendidikan antara lain adalah sebagai staf dan/atau manajer administrasi di lingkungan sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan lainnya, baik milik pemerintah maupun milik swasta. lulusannya juga dapat berkarir sebagai konsultan pendidikan,

Baca juga:   Mengenal Jurusan Data Science

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Manajemen Pendidikan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *