Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

Manajemen Pemasaran adalah program studi yang mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa, untuk memenuhi tujuan dari perusahaan atau organisasi tertentu. Dalam Manajemen Pemasaran akan dipelajari mengenai pengembangan konsumen, pergerakan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen. Termasuk pemahaman terkait perilaku dan dinamika konsumen, analisa permintaan, teori harga, segmentasi pasar, metode dan media periklanan, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

Di program studi Manajemen Pemasaran ini kamu akan dipandu untuk berbikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi. Pemasaran adalah salah satu faktor tertentu dalam penentu suksesnya suatu perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh masyarakat yang menjadi konsumennya, karena itu seorang profesional Manajemen Pemasaran atau marketer juga merupakan representasi dari perusahaan atau produk yang dipasarkannya, sehingga penting sekali untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Di era digital ini, kemampuan kamu dalam menggunakan social media juga menjadi nilai tambah karena kini social media menjadi salah satu media pemasaran yang efektif.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Ekonomi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Prospek Kerja Manajemen Keuangan Syariah

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

Setiap kegiatan bisnis atau usaha membutuhkan kegiatan pemasaran agar produk baik barang ataupun jasa yang dihasilkannya dapat dikenal, diterima, dan dikonsumsi oleh target marketnya. Oleh karena itu peranan seorang marketer sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan. Program studi Manajemen Pemasaran berjenjang studi Diploma III (D3) Diploma IV (D4) dan Strata I (S1). Lulusan Manajemen Pemasaran memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas, tidak hanya di perusahaan swasta, tapi juga di berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidak heran banyak lulusan Manajemen Pemasaran atau Marketing yang berkarir di divisi pemasaran sebagai sales executive, analis pemasaran, dan social media marketer.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *