Jurusan Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (Perumahsakitan)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (Perumahsakitan)

Program studi Manajemen Pelayanan Rumah Skit (MPRS) atau disebut juga Perumahsakitan adalah prodi vokasi yang mempelajari manajemen dan administrasi rumah sakit. Di sini kamu akan mempelajari berbagai fungsi dalam manajemen rumah sakit dan klinik seperti bidang keuangan, rekam medik, sekretaris medik, personalia, humas, marketing, juga di industri farmasi dan asuransi kesehatan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (Perumahsakitan)

Prodi ini cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan di bidang manajemen sekaligus di bidang medis. Pelayanan rumah sakit tidak akan sempurna jika hanya dikelola oleh dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya. Karena itu dibutuhkan tenaga non-medis yang dapat membantu menciptakan pelayanan medis yang baik.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (Perumahsakitan) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Akuntansi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (Perumahsakitan)

Lulusan prodi MPRS sangat dibutuhkan, melihat banyaknya jumlah rumah sakit pemerintah maupun swasta yang membutuhkan tenaga non-medis yang dapat menangani pekerjaan administrasi demi terciptanya pelayanan medis yang baik. Lulusan prodi ini dapat berkarir sebagai sekretaris medik dan manajemen keuangan rumah sakit. Selain itu lulusan prodi ini juga dapat berkarir di bidang marketing untuk memasarkan rumah sakit, klinik, atau produk-produk kesehatan lainnya. Lulusan MPRS juga punya potensi untuk mencapai jenjang karir hingga ke posisi manajerial rumah sakit. Tidak hanya seputar rumah sakit, lulusan MPRS juga dapat berkarir hingga ke lembaga pemerintahan dan BUMN yang bergerak di bidang kesehatan seperti Kementerian Kesehatan, Kimia Farma, BPJS Kesehatan, dan lain-lain.

Baca juga:   Jurusan Pendidikan Kepolisian

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Manajemen Pelayanan Rumah Sakit (Perumahsakitan). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *