Jurusan Manajemen Hutan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Manajemen Hutan

Pada program studi Manajemen Hutan kita akan mempelajari cara pengelolaan sumberdaya hutan, inventarisasi, dan perumusan kebijakan dalam pengelolaan hutan lestari berbasis ekosistem. Manajemen Hutan mencakup ilmu tentang aspek administratif, ekonomi, hukum, dan sosial berkaitan dengan kehutanan. Manajemen Hutan mendalami teknologi dan kebijakan untuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pengelolaan hutan berbasis ekosistem. Dalam Manajemen Hutan, selain pengetahuan tentang ekologi dan klimatologi hutan, juga diperlukan pengetahuan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi (SIG) untuk melakukan pemetaan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Manajemen Hutan

Hutan tropis Indonesia adalah yang terluas di dunia. Bahkan hampir setengah daratan Indonesia adalah hutan. Namun akibat ulah tangan manusia hutan di Indonesia selalu megalami deforestasi setiap tahunnya yang akan menggiring kepada ketidakseimbangan ekosistem hutan dan menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan. Prodi ini adalah untuk kamu yang punya kesadaran terhadap kelestarian lingkungan.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Manajemen Hutan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Hutan

Deforestasi yang terus meningkat setiap tahunnya di Indonesia merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia masih sangat membutuhkan ahli manajemen hutan. Lulusan program studi ini memilik kemampuan manajerial, analisis, ditambah dengan pemetaan dan SIG sehingga prospek kerjanya tidak hanya sebatas di sektor kehutanan saja.

Baca juga:   Jurusan Marketing Communication

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Manajemen Hutan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *