Jurusan Lalu Lintas Udara

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Lalu Lintas Udara

Lalu Lintas Udara (LLU) merupakan salah satu program studi yang tersedia di sekolah penerbangan di bawah naungan Departemen Perhubungan. Prodi ini juga dikenal dengan sebutan Ahli Lalu Lintas Udara (ALLU) untuk Diploma IV (D4), dan Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU) untuk Diploma III (D3). Di prodi ini kita dididik untuk menjadi seorang Air Traffic Cotroller (ATC). Pasti tahu kan apa itu ATC? ATC atau Pemandu Lalu Lintas Udara adalah orang yang bertanggungjawab dalam memantau pergerakan pesawat di darat dan di udara dari tower ATC. Seorang ATC akan berkomunikasi dengan pilot untuk memberikan instruksi dan menerima laporan untuk melakukan pergerakan, sejak pesawat berada di bandara asal sampai dengan bandara tujuan. Jika kamu mengambil prodi D3 PLLU, kamu akan mendapat keahlian untuk memandu pergerakan pesawat yang dapat terlihat oleh mata dari tower ATC. Namun jika mengambil prodi D4 ALLU, selain dapat keahlian untuk memandu pergerakan pesawat dari tower, kita nantinya juga dapat memandu pesawat yang sudah tidak tampak melalui Approach Control (APP) dengan maupun tanpa radar.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Lalu Lintas Udara

Kalau tertarik dengan dunia penerbangan dan ingin menjadi seorang ATC, kamu bisa mengambil pendidikan LLU. Apalagi jika kamu fasih berbahasa Inggris, ini bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin mendalami dunia penerbangan. Karena dalam praktiknya, komunikasi dalam penerbangan punya standar bahasa sendiri yang disebut Aviation Phraseology yang pastinya menggunakan Bahasa Inggris. Pekerjaan seorang ATC itu seru-seru-menegangkan, karena tanggung jawab yang dipikul pun besar, yaitu menyangkut keselamatan ratusan penumpang dalam pesawat, dan harus zero mistake. Jadi, kalau mau jadi ATC kamu juga harus persiapkan mental dan fisik yang kuat.

Baca juga:   Jurusan Peradilan Agama

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Lalu Lintas Udara cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Lalu Lintas Udara

Kamu nggak perlu ragu lagi untuk prospek kerja lulusan LLU. Lulusan LLU dapat bekerja di Airnav Indonesia atau Perum LPPNPI sebagai Air Traffic Controller di bandara-bandara di seluruh nusantara. Lulusan LLU juga dibutuhkan oleh perusahaan tambang lepas pantai (rig) untuk mengontrol lalu lintas pesawat kecil atau helikopter yang berkepentingan ke situs pertambangan.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Lalu Lintas Udara. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *