Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK

Mahasiswa UT, Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK – SMK atau Sekolah Menegah Kejuaraan adalah salah satu program pendidikan sekolah menengah seperti SMA dan MA.

Dalam pembelajarannya, SMK lebih menekankan agar siswanya siap bekerja setelah lulus. Oleh karena itu, di SMK siswanya akan lebih banyak belajar melalui praktek di banding dengan teori. Istilah kerenya itu learning by doing.

Mengingat persaingan kerja yang semakin tinggi, banyak lulusan  SMK yang memilih melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi meski sebelumnya mereka belajar untuk persiapan bekerja.

Karena sudah terbiasa praktek selama sekolah, lulusan SMK lebih mengenal bidang mereka dan memiliki gambaran yang lebih jauh tentang tutinitas kerja dan tempat kerja, sehingga lebih memiliki arah yang jelas sewaktu memilih jurusan kuliah.

Jurusan yang dipilih kuliah nanti, tidak harus sama dengan jurusan yang diambil ketika di SMK. Kita bisa memilih jurusan kuliah yang berbeda jika jurusan di SMK tidak sesuai dengan kita.

Berikut beberapa rekomendasi jurusan untuk calon mahasiswa lulusan SMK.

Jurusan Administrasi Perkantoran

Program studi Administrasi Perkantoran atau Kesekretariatan membekalimu dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan organisasi, membantu dan menangani pekerjaan dan tugas-tugas pimpinan.

Sejalan dengan tuntutan pekerjaan Administrasi Perkantoran, para mahasiswa mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang korespondensi, manajemen kearsipan, mengetik 10 jari manual dan elektrik, manajemen perkantoran, teknologi infornmasi (komputer) dan internet, bahasa Inggris, dan lain-lain.

Melakukan perencanaan, pendataan, pendistribusian informasi, data-data, dan surat-menyurat perkantoran, dan menyediakan peralatan perkantoran merupakan pekerjaan Administrasi Perkantoran.

Prodi Administrasi Perkantoran menghasilkan profesional yang bertanggung jawab dalam mengatur aktivitas perusahaan dan perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan.

Maka dari itu profesi ini tidak bisa dianggap remeh.

 

Jurusan Akuntansi

Akuntasi adalah sebuah program studi yang menyiapkan mahasiswanya untuk bisa mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, standar profesional dan etika.

Ilmu Akuntansi lalu diaplikasikan di berbagai instansi bisnis, baik yang bersifat profit, non-profit, publik, maupun instansi pemerintahan.

Baca juga:   Konsep Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Good Governance

 

Jurusan Perbankan

Jurusan Keuangan dan Perbankan merupakan bidang studi yang fokus pada dunia keuangan, seperti bank, asuransi, lembaga simpan pinjam, pasar modal serta transaksi yang terjadi di dalamnya.

Pada program studi Keuangan dan Perbankan kamu akan mempelajari ilmu tentang keuangan, khususnya pengelolaan keuangan di sektor perbankan.

Di prodi ini kamu juga akan mempelajari operasional perbankan baik bank konvensional maupun syariah, seperti tugas-tugas frontliner (teller dan customer services) dan tugas-tugas backoffice seperti administrasi, akuntansi, dan audit.

 

Jurusan Multimedia

Program studi Multimedia adalah program studi yang berfokus pada penguasaan keahlian di bidang teknologi multimedia dan konten multimedia dalam sistem terdistribusi.

Para mahasiswanya akan dibekali penguasaan dalam penggunaan perangkat multimedia, teknologi multimedia, keahlian tentang penguasaan teknologi multimedia interaktif baik yang bersifat standalone ataupun berupa sistem terdistribusi, serta memilki keahlian pembangunan aplikasi yang berbasiskan sistem terdistribusi baik yang berbasiskan jaringan kabel maupun nirkabel.

 

Tata Busana / Fashion Design

Program studi Tata Busana sering juga disebut dengan nama Fashion Design di beberapa perguruan tinggi. Pada program studi ini di pelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion.

Biasanya di perguruan tinggi negeri program studi ini bernama program studi Tata Busana, tapi di beberapa perguruan tinggi swasta yang mengadopsi kurikulum internasional program studi ini lebih dikenal dengan nama Fashion Design. Memang artinya sama aja, sih. Mata kuliahnya pun hampir sama aja. Namun di program studi Fashion Design di perguruan tinggi swatsa umumnya, kita akan belajar tentang fashion dari perspektif Paris sebagai kiblat fashion dunia dengan pencampuran budaya Indonesia.

Program studi Tata Busana (Fashion Design) umumnya berjenjang pendidikan Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4) atau setara Strata 1 (S1).

Pada perguruan tinggi swasta juga tersedia program kursus untuk yang minat belajar tentang fashion dalam waktu 1 tahun saja, dan di akhir kita akan di beri sertifikat dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

 

Jurusan Perhotelan

Perhotelan adalah suatu kesatuan rencana belajar yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi.

Disini, kamu juga akan dibekali dengan keahlian manajerial atau mengatur dan kegiatan operasional hotel, kemampuan berbahasa asing dan kemampuan mengelola bisnis perhotelan.

Baca juga:   Pendidikan Jarak Jauh dalam Konsep Metaverse University

Prodi ini tersedia dalam jenjang D3, D4, hingga S1. Serunya lagi, di prodi ini kamu tidak cuma belajar tentang operasional hotel mulai dari front office, laundry, hingga house keeping saja, tapi kamu juga akan belajar tentang manajemen tata boga dan tata hidang, juga patiseri atau pembuatan kue.

 

Jurusan Pariwisata

Pariwisata adalah program studi yang mempelajari semua hal yang berkaitan dengan pariwisata. Biasanya meliputi manajemen destinasi, tour and travel, dan perhotelan.

Para lulusan jurusan ini diharapkan mampu memberikan pelayanan hospitalitas yang berkualitas. Selain itu, mahasiswa diharapkan memiliki ketertarikan pada kebudayaan Indonesia sekaligus bisnis.

 

Teknik Otomotif

Teknik Otomotif siap membekali mahasiswa dengan cakupan kompetensi lulusan: pengetahuan teknik otomotif (menguasai sejarah dan perkembangan teknik otomotif, dasar teknik otomotif, dan gambaran umum dunia otomotif), perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chasis, bodi, dan kelistrikan otomotif), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan enterpreneur (menguasai dasar-dasar manajemen dan pelayanan kepada konsumen serta mampu menjadi enterpreneur dalam bidang otomotif).

Dalam pembelajarannya Teknik Otomotif dibagi menjadi perancangan, pengembangan, produksi, dan perawatan otomotif. Jurusan ini membekali kita dengan potensi untuk mengembangakan dan memadukan kegiatan/praktek dengan teori keteknikan.

Selain itu, pada jurusan ini juga akan rutin mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud penerapan IPTEK melalui pelaksaaan pendidikan dan pengajaran serta penelitian bidang pendidikan/ketrampilan teknik bagi kepentingan pembangunan.

 

Teknik Elektronika / Electrical Engineering

Teknik Elektronika merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait.

Cakupan teknik elektronika sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir.

Teknik Elektronika pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

 

Jurusan Farmasi

Farmasi adalah program studi yang mempelajari tentang obat-obatan. Disini kamu akan belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi.

Pastinya disini kamu akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan.

Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *