Jurusan Kimia: Jurusan dengan Prospek Kerja Luas

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Kimia

Di program studi Kimia kamu akan mempelajari struktur, komposisi, dan sifat materi dari skala atom hingga molekul, dan bagaimana mereka saling berinteraksi membentuk materi yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa akan memperdalam kimia organik, kimia anorganik, biokimia, dan manajemen laboratorium.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Kimia

Program studi ini memang cukup spesifik, hanya orang-orang tertentu yang meminatinya. Ditambah lagi, kimia merupakan satu subjek yang dianggap paling rumit.

Namun, apabila kamu mempunyai minat untuk mempelajari tentang molekul dan materi-materi kimiawi lainnya, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari selama 4 tahun atau 8 semester antara lain Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Kimia Fisik, Kemometri, Geokimia, Stereokimia, Elektrokimia, Pemisahan Kimia, Termodinamika Kimia, Spektroskopi Kimia, Kinetika Kimia, tentunya beberapa mata kuliah ada praktikum di laboratorium.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Kimia cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Kimia, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Kimia

Banyak orang yang membayangkan kalau lulusan Kimia akan menjadi profesor berkacamata dengan jas lab yang khas sambil selalu melakukan pengamatan pada tabung reaksi. Meski nggak selalu seperti itu tapi bukan nggak mungkin hal itu akan terjadi pada dirimu.

Baca juga:   Jurusan Industrial Robotics Design

Selain bekerja sebagai analis di laboratorium, lulusan Kimia memiliki banyak sekali peluang karier. Perusahaan di industri makanan dan minuman, farmasi, kosmetik, minyak dan gas, juga pertanian membutuhkan tenaga Sarjana Sains bidang Kimia.

Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan biasanya juga cukup bervariasi. Gaji awalnya juga cukup kompetitif, berada pada kisaran Rp4.000.000, dengan pekerjaan sebagai staf dari bidang tertentu di suatu perusahaan.

Nominalnya tentu juga memperhatikan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, area tempat bekerja, posisi pekerjaan.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Kimia. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *