Jurusan Kearsipan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Kearsipan

Arsip adalah rekaman dari segala kegiatan yang otentik dalam berbagai bentuk media. Ilmu tentang mekanisme pengelolaan kearsipan, membuat model kearsipan, proses pencarian, analisa dan pelaporannya dipelajari pada program studi Ilmu Kearsipan. Di sini kita akan diberikan pengetahuan bahwa arsip itu bayak jenisnya, dan cara penanganannya pun berbeda-beda, termasuk macam-macam standarisasi kearsipan dari peraturan pemerintah dan undang-undang nasional maupun internasional. Ilmu mengenai kearsipan sebenarnya sudah ada sejak lama, hanya saja jarang sekali ada perguruan tinggi yang fokus dalam studi ini. Pada beberapa perguruan tinggi Ilmu Kearsipan merupakan bagian dari Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Kearsipan

Selama ini pengelola kearsipan terutama di lembaga pemerintahan daerah banyak diisi oleh tenaga yang kurang berkompeten. Selain itu profesi arsiparis tidak banyak mendapat perhatian, sehingga program studi ini tidak begitu banyak peminat, padahal kebutuhan akan arsiparis profesional sangat tinggi.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Kearsipan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran PPKN, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Kearsipan

Kearsipan memegang peran yang sangat penting bagi jalannya suatu organisasi atau perusahaan sebagai sumber informasi, bahan dokumentasi, dan juga sarana komunikasi. Karenanya lulusan Ilmu Kearsipan akan dibutuhkan, tidak terbatas di bidang perusahaan apapun, baik BUMN, swasta, ataupun lembaga pemerintahan.

Baca juga:   Jurusan Peternakan

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Kearsipan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *