Jurusan Human Computer Interaction

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Human Computer Interaction

Program studi Human Computer Interaction (HCI) ini akan mengaajak kamu untuk mempelajari lebih dalam terkait hubungan timbal-balik atau interaksi antara manusia dengan komputer. Tentu saja perangkat lunak atau sistem operasi turut memengaruhi interaksi antara manusia dengan komputer. Karenanya HCI berfokus pada aspek user interface (antarmuka) pada perangkat lunak di komputer. Kamu akan belajar bagaimana merancang user interface pada komputer sebaik mungkin, sehingga komputer dapat digunakan oleh penggunanya dengan seefektif mungkin. Untuk merancang user interface sedemikian rupa, pastinya kamu harus meriset dulu, perangkat seperti apa yang dirancang, siapa pengguna software, dan bagaimana menggunakannya, sehingga dapat dihasilkan perangkat yang bermanfaat, aman, efektif, serta efisien bagi penggunanya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Human Computer Interaction

Tertarik dengan ilmu komputer atau sistem informasi? Suka algoritma dan pemrograman? Atau tertarik dengan fenomena kecerdasan buatan yang sedang marak-maraknya akhir-akhir ini? Kamu bisa pilih program studi Human Computer Interaction juga, loh! Disini kamu akan belajar mengembangkan kecerdasan buatan juga. Maka dari itu, untuk menekuni prodi HCI kamu harus menyukai dan menguasai logika dan matematika, karena keduanya sangat penting dalam pemrograman.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Human Computer Interaction cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran TIK, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

Prospek Kerja Jurusan Human Computer Interaction

Untuk prospek kerja lulusan HCI sudah tidak perlu diragukan lagi, karena prodi ini sudah membekali lulusannya dengan banyak ilmu dan skill yang dibutuhkan di masa depan yang canggih. Lulusan HCI akan menjadi bagian dari perkembangan teknologi. Lulusan HCI dapat berkarir sebagai system designer atau programmer. Atau buat kamu yang suka main game, lulusan HCI juga bisa menjadi programmer game. Pastinya lulusan HCI punya peluang besar untuk berkarir di berbagai perusahaan teknologi ternama.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Human Computer Interaction. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *