Jurusan Geografi

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Geografi

Program studi Geografi mempelajari tata ruang penggunaan dan penempatan tanah dan permukaan bumi. Siswa yang berkonsentrasi pada geografi fisik misalnya akan fokus mempelajari dan menganalisa permukaan tanah, dan mempelajari topik seperti iklim, tanah, dan air. Melakui konteks budaya dan manusia, geografi mengeksplorasi hubungan antara manusia dan tempat. Program studi geografi ditujukan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa agar memahami penerapan perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah, dalam hal ini termasuk penguasaan teknologi Sistem Informasi Geografi (SIG). Jurusan ini menghasilkan siswa yang dapat memecahkan masalah, memberikan solusi pada penelitian, dapat memanfaatkan teknologi dan berpandangan luas. Jurusan geografi melibatkan berbagai kursus dalam disiplin untuk mengekspos siswa kepada aspek yang luas dan menarik.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Geografi

Prodi ini cocok bagi siswa yang suka mengamati sesuatu kemudian melakukan eksperimen terkait permukaan bumi, wilayah, iklim & cuaca. Jurusan ini mendorong siswa untuk mencari solusi dari sebuah masalah melalui penemuan baru. Berkat perkembangan teknologi, ilmu dan teknologi geografi pun berkembang dengan pesat. Penemuan-penemuan baru membuat manusia merasakan kepentingan ilmu geografi untuk mengenal bumi tempat mereka tinggal dengan lebih baik.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Geografi cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Geografi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Desain Komunikasi Visual

Prospek Kerja Jurusan Geografi

Lulusan geografi biasanya terlibat dalam riset, penelitian lapangan dan menulis laporan. Selain itu banyak juga yang bekerja sebagai konsultan lingkungan untuk industri teknik dan manufaktur. Kemampuan analisa dan mengolah data yang dimiliki juga memungkinkan seorang lulusan jurusan geografi untuk diterima di bidang lainnya.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Geografi. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *