Mengenal Jurusan Filsafat

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Filsafat

Ilmu Filsafat adalah induk semua ilmu. Berbeda dengan program studi pada umumnya yang lebih menekankan pada ilmu praktis dan bersifat pragmatis, Filsafat lebih mempelajari tentang permasalahan mendasar manusia dan hubungannya dengan realita.

Ilmu Filsafat lebih bersifat abstrak dan memerlukan pemahaman yang mendasar. Permasalahan seperti tujuan hidup, esensi manusia, moralitas, dan hati nurani, menjadi kajian utama di prodi ini.

Ilmu Filsafat sangat dekat dengan sejarah. Di prodi ini kamu akan mempelajari pemikiran-pemikiran para filsuf dari jaman kuno seperti Thales, Pythagoras, Socrates, sampai filsuf-filsuf di atas abad 20 seperti Sartre, Bertrand Russell, atau Jurgen Habermas.

Filsafat membantu kamu untuk berpikir secara terstruktur dan mampu memroses informasi secara jernih.

Kampus dengan Jurusan Filsafat Terbaik

Berikut lima universitas dengan jurusan filsafat terbaik di Indonesia :

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air. Dari berbagai jurusan yang disediakan, salah satu diantaranya adalah Program Studi S1 Ilmu Filsafat.

Dikutip dari situs resminya, jurusan ilmu Filsafat berada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia.

Tak hanya program Sarjana, UI juga membuka program Magister Ilmu Filsafat dan Program Doktor Ilmu Filsafat. Untuk akreditasinya sendiri, Program S1 Ilmu Filsafat memiliki peringkat A dengan SK terakhir tahun 2017.

Baca juga:   Jurusan Tata Busana

Kemudian, program S2 Ilmu Filsafat juga memiliki Peringkat A dengan SK terakhir tahun 2019. Sedangkan Program S3 Ilmu Filsafat memiliki akreditasi B dengan SK terakhir tahun 2020.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada berdiri pada 18 Agustus 1967. Pendiriannya didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Nomor 90/1967 Tanggal 7 Agustus 1967.

Dikutip dari situs resmi UGM, sebelum berdirinya Fakultas Filsafat secara mandiri, sebelumnya telah ada Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat yang terdiri dari Bagian Sastra, Bagian Pedagogik, dan Bagian Filsafat.

Fakultas Filsafat UGM menyediakan Program Studi Sarjana Filsafat, Magister Filsafat, dan Doktor Filsafat. Jurusan S1 Ilmu Filsafat UGM terakreditasi A oleh BAN PT dengan sertifikat yang berlaku sejak 7 April 2020 hingga 7 April 2025 mendatang.

Kemudian untuk Jurusan Magister (S2) Filsafat UGM juga terakreditasi A oleh BAN PT dengan sertifikat yang berlaku sejak 7 April 2020 sampai 7 April 2025 mendatang.

Sedangkan Prodi Doktor (S3) Filsafat UGM memiliki akreditasi A dari BAN PT dengan sertifikat yang berlaku sejak 7 April 2020 hingga 7 April 2025. Selain itu, Jurusan S1 Ilmu Filsafat UGM juga pernah terakreditasi ASEAN University Network. Sertifikat akreditasi tersebut berlaku sejak 17 November 2016 hingga 16 November 2020.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Dikutip dari situs resmi UNY, awalnya Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (FIP UNY) merupakan bagian Pedagogik dari Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat Universitas Gadjah Mada (FSPF UGM) Yogyakarta.

Pada perkembangannya, jurusan Filsafat di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) masuk dalam naungan Fakultas Ilmu Pendidikan. Namanya adalah Program Studi Kebijakan Pendidikan atau KP.

Dalam Jurusan Kebijakan Pendidikan, mahasiswa akan belajar seputar Filsafat, Sosiologi, Pendidikan, hingga Kebijakan. Perpaduan keempat bidang tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi dasar kuat untuk mempelajari dan menyusun sebuah rencana kebijakan.

Baca juga:   Jurusan Manajemen Pariwisata

Untuk akreditasinya, Jurusan Kebijakan Pendidikan telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Sertifikat akreditasi berlaku sejak 5 Agustus 2020 hingga 5 Agustus 2025 mendatang.

4. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara

Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara merupakan perguruan tinggi swasta yang secara khusus menyediakan jurusan seputar ilmu filsafat. Dikutip dari situs resminya, Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara memiliki Program Sarjana (S1) jurusan Filsafat dan jurusan Filsafat Keilahian.

Tak hanya program sarjana, perguruan tinggi ini juga memiliki program pasca sarjana. Jurusan yang disediakan adalah Program Studi Magister Filsafat (S2) dan Program Studi Doktor Filsafat (S3).

5. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang menyediakan jurusan filsafat.

Dikutip dari situs resminya, awal mula pendirian fakultas filsafat berawal dari Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT).

Program Studi yang tersedia di Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan adalah Jurusan Ilmu Filsafat (S1) dan Magister Ilmu Teologi (S2).

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Filsafat

Terkadang kamu suka kepikiran tentang penciptaan alam semesta, atau apa hakikat mansia hidup di dunia. Nah, itu artinya kamu adalah tipe pemikir yang pastinya cocok di program studi Filsafat.

Apalagi kalau kamu ingin mencari kebenaran yang hakiki dari suatu pengetahuan. Di sini kemampuan membaca, berpikir loogis, menulis, serta berdiskusi juga akan ikut terasah.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Filsafat cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Sejarah, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Filsafat

Rasa ingin tahu yang tinggi, kemampuan berpikir logis, serta pemahaman yang mendalam terhadap banyak pengetahuan yang di dapat selama berkuliah di prodi Filsafat membuat prospek lulusannya tidak terbatas pada lingkup sektor tertentu.

Lulusan filsafat bisa berkarir sebagai pejabat pemerintahan, konselor, psikoterapis, hingga jurnalis. Kompetensi yang dimiliki lulusan Filsafat bisa diterapkan di mana saja.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Filsafat. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *