Jurusan Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah)

Sama halnya dengan program studi Ekonomi, di prodi Ekonomi Islam atau juga dikenal dengan nama Ekonomi Syariah, kamu juga akan mempelajari ilmu dan teori ekonomi mikro dan ekonomi makro, cara mengelola sumber daya (alam, manusia, modal, dan waktu) yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dan mencapai kesejahteraan. Namun, di prodi ini, kamu akan mempelajarinya dari perspektif Islam/Syariah. Dalam hal ini, segala aspek dalam kegiatan perekonomian seperti jual-beli, sewa-menyewa, hutang-piutang, simpan-pinjam, dan bagi hasil, telah diatur dalam ajaran Islam. Kamu akan mempelajari kebijakan ekonomi, keuangan, dan bisnis dalam Islam, serta bagaimana pengelolaan lembaga keuangan syariah.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah)

Sistem Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah di Indonesia sedang mengalami kenaikan tren. Banyak bermunculan lembaga keuangan yang berbasis Syariah. Mengingat Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Semakin banyak pula masyarakat yang sadar dan mulai beralih ke perbankan syariah untuk menghindari sistem riba dan berbagai aktivitas ekonomi yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Karena itu pengetahuan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah menjadi salah satu kebutuhan di masa sekarang ini.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Ekonomi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Sektor Publik

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah)

Lulusan Ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah dapat berkarir di berbagai lembaga keuangan, baik lembaga keuangan bank, maupun lembaga keuangan bukan bank, baik berbasis syariah maupun non-syariah. Lulusan prodi ini juga dipersiapkan untuk menjadi seorang ahli ekonomi atau ekonom yang memiliki ilmu ekonomi syariah.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *