Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil

Program studi Demografi dan Pencatatan Sipil adalah sebuah program studi yang mempelajari mengenai ilmu-ilmu kependudukan dan administrasinya.

Kegiatan pencatatan sipil adalah kegiatan pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam register pencatatan sipil. Kegiatan ini sangat penting bagi warga Negara dan juga bagi Negara untuk menentukan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh seorang Warga Negara Indonesia. Kegiatan pencatatan sipil meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, dan pencatatan sipil lainnya.

—Baca juga: Nilai UTBK UNS (Universitas Sebelas Maret)

Begitu banyaknya kewajiban masyarakat dalam hal pencatatan sipil, namun tidak semuanya dipahami oleh masyarakat, baik dalam hal prosedurnya, persyaratannya, ataupun peraturannya.

Maka itu, program studi yang berada di bawah Fakultas Hukum ini hadir untuk mencetak lulusan yang memiliki pemahaman mendalam mengenai ilmu kependudukan dan khususnya pencatatan sipil, agar mereka bisa mensosialisasikan hal ini lebih luas kepada masyarakat.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil

Program studi ini cocok untuk kamu yang senang memperhatikan dinamika kependudukan Indonesia dan memiliki keinginan untuk mempelajari administrasi pencatatan sipil.

Kemampuan menganalisis dan minat di bidang administratif yang besar sangat dibutuhkan jika kamu memilih program studi ini.

Baca juga:   Jurusan Rekam Medis (Manajemen Informasi Kesehatan)

Dan lagi, Prodi Demografi dan Pencatatan Sipil baru ada satu lho di Indonesia, tepatnya di Universitas Negeri Sebelas Maret dengan jenjang Diploma IV.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran PPKN, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil

Prospek kerja utama dari seorang lulusan program studi Demografi dan Pencatatan Sipil tentunya berada di instansi pemerintahan yang bergerak di bidang pencatatan sipil.

—Baca juga: Perkiraan Nilai Raport SNMPTN UNS

Kebutuhan akan tenaga ahli pencatatan sipil cukup besar lho, di Kementrian Dalam Negeri saja, kebutuhan SDM-nya mencapai 3 ribu orang. beberapa instansi yang bisa dimasuki oleh lulusan Demografi dan Pencatatan Sipil antara lain: Kementrian Dalam Negeri, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), hingga perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di bidang riset demografi.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Demografi dan Pencatatan Sipil. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *