Mengenal Jurusan Budidaya Perikanan

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Budidaya Perikanan

Program studi Budidaya Perikanan mempelajari tentang teknik budidaya perikanan darat dan laut yang ramah lingkungan dan ekonomis. Dalam melakukan budidaya perikanan diperlukan pengetahuan tentang teknik pembenihan ikan yang tepat dan produksi benih yang baik.

Selain itu di program studi ini akan dipelajari juga tentang formulasi pakan ikan, mengelola dan mengendalikan kualitas air untuk budidaya ikan serta mengatasi hama dan penyakit pada ikan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Budidaya Perikanan

Indonesia mempunyai sumberdaya perikanan yang yang belum termanfaatkan secara optimal. Untuk itu ilmu Budidaya Perikanan perlu dipelajari untuk dapat mengembangkan sektor perikanan Indonesia.

Untuk kamu yang punya jiwa wirausaha dan ingin punya usaha budidaya perikanan, kamu bisa masuk program studi ini, karena di program studi ini kamu bakal dapat ilmu pengetahuan tentang budidaya perikanan secara mendalam.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Budidaya Perikanan cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Budidaya Perikanan

Secara umum, lulusan program studi Budidaya Perikanan dapat bekerja di sektor agrikultur/ pertanian , termasuk didalamnya perikanan. Baik di instansi pemerintah maupun swasta, ataupun usaha mandiri.

Saat ini sedang gencar-gencarnya kampanye ?Ayo Makan Ikan? yang bertujuan untuk mengajak masyarakat meningkatkan angka konsumsi ikan. Selain karena ikan kaya akan manfaat, Indonesia juga memiliki sumberdaya ikan yang berlimpah.

Baca juga:   Jurusan Pelatihan Olahraga Pariwisata

Sumberdaya ini harus dikelola dengan baik salah satunya adalah dengan melakukan pembudidayaan perikanan. Otomatis ahli budidaya ikan akan dibutuhkan di masa datang.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Budidaya Perikanan. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *