Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Jurusan Bioteknologi

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Bioteknologi

Bioteknologi merupakan cabang ilmu Biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat.

Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman dan rekayasa genetika. Ilmu bioteknologi bermanfaat untuk bidang kesehatan, di antaranya untuk mengobati berbagai penyakit.

Sementara di bidang pangan, bioteknologi dapat menghasilkan produk tanaman dan makanan yang mengandung sifat unggul dan bernilai gizi yang lebih baik dibandingkan tanaman atau makanan produk biasa. Selama kurang lebih empat dasawarsa terakhir, kita melihat begitu pesat perkembangan Bioteknologi di berbagai bidang.

Pesatnya perkembangan Bioteknologi ini sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dimuka bumi. Hal ini dapat dipahami mengingat Bioteknologi menjanjikan suatu revolusi pada hampir semua aspek kehidupan manusia, mulai dari bidang pertanian, peternakan dan perikanan hingga kesehatan dan pengobatan.

Perkembangan ini masih sangat lambat di Indonesia sehingga jauh tertinggal dari Negara-negara Asia lainnya seperti India, Cina, Thailand dan Korea.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Bioteknologi

Kalau kamu tertarik mempelajari mengenai integrasi antara ilmu biologi dengan teknologi (seperti tentang rekayasa genetika), jurusan ini mungkin jadi jurusan yang kamu cari. Apalagi zaman sekarang, prospek kerja di bidang bioteknologi tengah naik daun untuk bidang-bidang industri tertentu seperti AGrikultur, Pangan, Farmasi, serta MEdis dan Kesehatan,

Baca juga:   Mengenal Jurusan Data Science

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan Bioteknologi cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Bioteknologi

Bidang bioteknologi memiliki prospek yang sangat cerah di masa depan. Perkembangan bioteknologi akan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia dan untuk perkembangan industri. Bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan Bioteknologi antara lain sebagai analis dan peneliti di BPOM, Kementrian Pertanian, Industri Makanan dan Minuman, Industri Agrikultur, dan bahkan industri farmasi serta kosmetika.

Berikut beberapa karir yang dapat diambil oleh lulusan Bioteknologi:

Ahli Teknologi Sitogenik

  • Gaji Rata-Rata: 4 – 6 Juta

Merupakan orang yang memiliki kemampuan khusus dan keahlian dalam mengidentifikasi atau menganalisis kromosom di dalam unsur biologis.

Misalnya, seperti sumsum tulang, darah, atau cairan tubuh dengan tujuan untuk dilakukan penelitian maupun studi di bidang pengobatan/kesehatan.

Tugas Ahli Teknologi Sitogenik lebih banyak menganalisis dan memeriksa kromosom, bekerja di laboratorium memakai mikroskop, dan sebagainya.

Teknisi Pembangkit Biomassa

  • Gaji Rata-Rata: 5 – 6 Juta

Merupakan orang yang menguasai ilmu teknis tentang bagaimana cara mengubah organisme tumbuhan atau hewan menjadi energi.

Tugas teknisi pembangkit biomassa akan memonitoring dan mengontrol peralatan pembangkit biomassa, melakukan pemeliharaan alat pembangkit biomassa, serta membuat laporan data operasional, dan lainnya.

Teknisi Ilmu Forensik

Gaji Rata-Rata: 5 – 6 Juta

Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk memeriksa bukti fisik kuat terkait penyelidikan suatu kasus untuk mengungkap fakta-fakta atau bukti sebenarnya.

Tugas Teknisi Ilmu Forensik adalah mengumpulkan, menganalisa, mengidentifikasi, serta melaporkan setiap bukti yang ditemukan dari lokasi kejadian penyelidikan.

Teknisi Proses Biofuel

  • Gaji Rata-Rata: 5 – 7 Juta
Baca juga:   Jurusan Terapi Wicara

Merupakan orang yang ahli dalam bidang bahan bakar hayati atau bahan bakar organik.

Tugas teknisi proses biofuel adalah mengukur, mencampurkan, atau mengelola bahan baku agar bisa dipakai sebagai produk bahan bakar organik/biofuel.

Teknisi proses biofuel juga bertanggung jawab dalam pengoperasian serta pengawasan peralatan mesin maupun pompa pada saat produksi biofuel.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Bioteknologi. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.