Jurusan Aktuaria

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Aktuaria

Jurusan Aktuaria mempelajari bidang matematika yang kerap kali disebut sebagai ?Matematika Asuransi?. Ilmu Aktuaria sendiri adalah ilmu tentang asuransi, alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Mahasiswa Aktuaria akan mendapatkan mata kuliah-mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Tujuan akhirnya adalah agar mereka bisa menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Aktuaria

Kalau kamu suka dengan pelajaran matematika, khususnya yang berhubungan dengan probabilitas dan statistika, maka Aktuaria adalah jurusan yang pas buat kamu! Di sini kamu akan mempelajari serba-serbi penghitungan resiko untuk asuransi, peluang, hingga statistikanya. Nggak lupa juga, jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat mumpuni pastinya.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA sebelumnya. Jurusan ini cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Matematika, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Walaupun jurusan (dan profesi) di bidang Aktuaria kayaknya asing bagi kamu, profesi aktuaris sebenarnya tergolong sangat dibutuhkan, dan bergaji oke, lho. Dan yang membuat profesi ini penting adalah karena Indonesia sangat, sangat krisis tenaga ahli Aktuaria. Pemerintah Indonesia sekarang mewajibkan setiap perusahaan asuransi mempunyai minimal satu orang aktuaris, sementara perusahaan asuransi kadang memerlukan puluhan aktuaris. Kebayang ?kan bagaimana dibutuhkannya para fresh graduate dari jurusan yang satu ini?

Baca juga:   Jurusan Ekonomi

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan ini. Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *