Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)

Pasti kamu bertanya apa bedanya Agrobisnis dan Agribisnis? Sebenarnya keduanya sama-sama mempelajari bisnis berbasis hasil pertanian. Pada beberapa perguruan tinggi, program studi ini bernama Agrobisnis, tapi banyak juga yang bernama Agribisnis. Namun menurut KBBI istilah yang tepat adalah Agrobisnis. Program studi ini menawarkan ilmu tentang seluk beluk usaha atau bisnis yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Mulai dari pengusahaan produksi pertanian, sampai pengelolaan hasil pertanian pula. Para mahasiswa akan mempelajari semua hal tentang pertanian, dari keseluruhan proses produksi sampai distribusi hasil pertanian sehingga memperoleh keuntungan. Program studi ini merupakan program studi multidisiplin, artinya pelajaran dari IPA maupun IPS akan dipelajari disini.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)

Bisnis pertanian sangat erat hubungannya dengan ketersediaan pangan. Jika kamu tertarik dengan bisnis dan ingin mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia, program studi ini sangat tepat untuk kamu pilih. Program studi ini juga cocok bagi kamu yang menyukai pelajaran IPA terutama biologi tetapi ingin mendalami ilmu bisnis maupun ekonomi. Kamu akan mendalami ilmu pertanian sekaligus bisnis disini.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Biologi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Jurusan Desain Komunikasi Visual

Prospek Kerja Jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian)

Pangan menjadi salah satu hal yang paling bisa diwujudkan oleh Agribisnis, sehingga peluang profesi di sektor ini sangat besar. Lulusan program studi Agribisnis nggak hanya bisa bekerja di sektor pertanian, tapi bisa juga bekerja di bidang logistik, consumer goods, hingga supply chain supermarket.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Agribisnis (Sosial Ekonomi Pertanian). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *