Jurusan Administrasi Publik (Administrasi Negara)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Administrasi Publik (Administrasi Negara)

Program studi Administrasi Publik masih dikenal juga dengan nama Administrasi Negara di beberapa perguruan tinggi. Prodi ini mempelajari seluk beluk pemerintahan, masyarakat, dan kebijakan publik. Tentu saja Administrasi Publik juga mempelajari tentang bagaimana memberikan publik yang prima kepada masyarakat.

Singkatnya, di prodi ini kamu akan mempelajari tentang sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan hingga pengimplementasian dan evaluasi nya, dan pelayanan masyarakat, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan birokratis.

Di prodi ini kamu juga bisa memilih konsentrasi ilmu administrasi, seperti konsentrasi pemerintahan daerah, konsentrasi administrasi pembangunan, dan kebijakan publik.

Jurusan ini juga tersedia di Universitas Terbuka, sehingga jika kamu ingin berkuliah sambil bekerja kamu bisa mengambil jurusan ini di UT.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Administrasi Publik (Administrasi Negara)

Sudah bukan rahasia lagi kalau segala urusan birokrasi jadi urusan yang paling ?malesin? bagi kebanyakan orang. Biasanya urusan administrasi di organisasi-organisasi publik terkenal ribet, lama, dan banyak pungli.

Karena itu, prodi ini hadir untuk kamu yang peduli akan kondisi pelayanan masyarakat yang buruk, dan kebijakan-kebijakan publik yang kurang memihak pada masyarakat. Prodi ini sangat pas untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia pemerintahan.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPA/IPS sebelumnya. Jurusan Administrasi Publik (Administrasi Negara) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran PPKN, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Baca juga:   Mengenal Jurusan Pemasaran Internasional

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik (Administrasi Negara)

Prospek lulusan prodi Administrasi Publik umumnya akan terjun ke instansi-instansi pemerintahan pusat maupun daerah baik dalam golongan PNS maupun non-PNS.

Tidak hanya di instansi pemerintahan, tapi juga berbagai instansi non-pemerintahan yang bergerak di bidang pelayanan publik dan sosial, serta instansi yang bergerak di bidang ekonomi dan pembangunan.

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Administrasi Publik (Administrasi Negara). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *