Jurusan Administrasi Fiskal (Perpajakan)

Mahasiswa UT – Jurusan atau Program Studi (Prodi) di dunia kampus itu banyak. Untuk lebih mengenal dan mengetahui jurusan ini apa? prospek kerjanya gimana dan yang di pelajari apa? Maka kita memutuskan membuat rubik Jurusan / Prodi. Dan untuk jurusan yang akan di bahas sekarang adalah Jurusan Administrasi Fiskal (Perpajakan)

Program studi Administrasi Fiskal (Perpajakan) adalah sebuah program studi yang mempelajari perpajakan dari segala macam perspektif, dari sisi hukum, ekonomi, dan akuntansi. Kamu akan dibekali keterampilan untuk menyusun laporan pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan. Kamu juga harus bisa menyelesaikan masalah administrasi perpajakan, dan membuat laporan keuangan sesuai dengan standar hukum yang berlaku. Program studi ini dikenal dengan nama Administrasi Fiskal (S1) atau Perpajakan (D3).

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Administrasi Fiskal (Perpajakan)

Meskipun rumit, prodi Administrasi Fiskal (Perpajakan) cukup menantang. Perpajakan erat kaitannya dengan akuntansi. Jadi, kalau kamu suka dengan akuntansi, prodi ini juga bisa jadi pilihanmu. Apalagi untuk kamu yang kuat hafalan, karena di prodi ini akan banyak menghafal aturan-aturan perpajakan dan tarif pajak yang berbeda-beda. Kemampuan penalaran yang baik juga akan sangat berguna di program studi ini.

Jadi, kalau kamu dari jurusan IPS sebelumnya. Jurusan Administrasi Fiskal (Perpajakan) cocok banget. Apalagi kalau kamu menyukai mata pelajaran Akuntansi, kamu pasti bisa mengikuti perkuliahanya dengan cukup mudah.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal (Perpajakan)

Lulusan Administrasi Fiskal punya peluang karier yang sangat besar. Hal ini disebabkan karena lulusan Administrasi Fiskal masih minim, sedangkan kebutuhan profesi ini masih sangat tinggi. Prodi ini tersedia dalam jenjang studi D3, D4 dan S1, lulusannya juga berpeluang untuk berkarir di Kementerian Keuangan dan Ditjen Pajak khususnya, namun tidak hanya di instansi pemerintahan, tapi juga berbagai instansi atau organisasi swasta. Setiap perusahaan wajib membayar pajak, maka dari itu perusahaan-perusahaa tersebut pastinya membutuhkan ahli di bidang perpajakan. Lulusan prodi ini juga bisa berwirausaha sebagai konsultan pajak dengan melewati ujian sertifikasi konsultan pajak terlebih dahulu.

Baca juga:   Jurusan Destinasi Pariwisata

Jadi gimana? tertarik untuk masuk jurusan Administrasi Fiskal (Perpajakan). Untuk pembahasan jurusan lain bisa langsung cek di Jurusan / Prodi. Jangan sampai nyesel pas nanti udah kuliah gara-gara salah pilih jurusan,.

Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *