Rekomendasi Rumah Jasa Aqiqah Depok Murah dan Enak

Mahasiswa UT, Rekomendasi Rumah Jasa Aqiqah Depok Murah dan Enak – Kelahiran Si Kecil tentu membawa kebahagiaan, bagi keluarga. Ada satu rangkaian dalam Islam dalam menyambut kelahirannya, yakni aqiqah.

Aqiqah dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran sang buah hati.

Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan memotong kambing dan dibagikan kepada saudara, tetangga, dan mereka yang membutuhkan.

Apa itu Aqiqah?

Secara bahasa, aqiqah memiliki arti “memotong” yang berasal dari bahasa arab “al-qat’u”. Terdapat juga definisi lain aqiqah yaitu nama rambut bayi yang baru dilahirkan. Menurut istilah, aqiqah adalah proses kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh setelah bayi dilahirkan.

—Baca juga: Jasa Aqiqah Bekasi Gratis Ongkir Jabodetabekkar

Sebagian besar ulama berpendapat, bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakad. Aqiqah menjadi ibadah yang penting dan diutamakan. Bila mampu untuk melakukannya, orangtua sangat dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah anaknya saat masih bayi. Namun, bagi yang tidak mampu untuk melaksanakannya pun aqiqah boleh ditinggalkan tanpa berdosa.

Diriwayatkan Al-Hasan dari Sammuroh rodhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Semua anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang disembelihkan pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberikan nama.” (HR Ahmad 20722, At-Turmudzi 1605 dan dinilai shahih oleh Al-Albani). Ini adalah hadist yang paling kuat tentang disyariatkannya aqiqah.

Syariat untuk melakukan aqiqah hanya dapat kita temukan di hadist-hadist Nabi Muhammad SAW, dan tidak dijumpai di dalam ayat Al Qur’an. Meski tidak ada Al-Qur’an, sebagai seorang muslim kita tidak boleh membeda-bedakan aturan dalam Al Quran dan hadist. Ini karena kita diperintahkan untuk taat kepada Nabi Muhammad SAW sebagaimana kita taat kepada Allah dan ayat-ayat Al Qur’an.

Baca juga:   Rekomendasi Aplikasi Belajar Mengaji
Read more... / Baca selengkapnya...

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *