Jaga Kesehatan Mentalmu dengan 5 Cara Sederhana Ini

Mahasiswa UT, Jaga Kesehatan Mentalmu dengan 5 Cara Sederhana Ini – Kebahagiaan memang kerap jadi incaran orang yang seringkali akan diperjuangkan dengan sekuat tenaga dan lewat berbagai macam cara. Meski standar masing-masing orang tidak sama, tapi biasanya tekad untuk mewujudkan kebahagiaan tersebut gak akan jauh berbeda.

Namun, ternyata ada cara-cara mudah yang bisa membuat hidup bahagia tanpa keluar keringat, lho. Yuk, lakukan beberapa tips senderhana berikut ini agar tetap bahagia dan sehat mental.

 

Berusaha melihat hal baik dalam setiap situasi

Hidup bahagia sebenarnya bukan situasi yang tanpa masalah sama sekali. Pahami dulu, selama kita masih hidup dan bernyawa, masalah akan selalu ada. Namun, kebahagiaan tidak lantas berkurang atau menjauh saat kita sedang dihadapkan dengan masalah dan kesulitan hidup.

Justru saat masih mampu melihat hal baik dalam situasi yang tidak diharapkan, kebahagiaan dan ketenangan hidup masih tetap terlihat sedang berdiam di sekitar kita. Ingat, masalah dan kesulitan ada untuk jadi tempaan mental, bukan menjauhkan diri dari rasa bahagia.

Kita tetap bisa merasakan kebahagiaan hidup selama mampu mengelola keadaan dan bukan terseret dalam keterpurukan. Selalu ada hal baik dalam setiap situasi, meski yang terburuk sekalipun.

 

Abaikan penilaian orang tentangmu

Penilaian orang memang sanggup mempengaruhi mental kita hingga seolah mampu mencuri kebahagiaan hidup yang telah diraih. Padahal, sebenarnya mereka gak benar-benar paham dengan apa yang kita hadapi dan alami dalam hidup selama ini.

Oleh karenanya, cobalah untuk sedikit abai pada komentar orang, terlebih pada penilaian mereka yang cenderung negatif. Orang boleh saja terus berkomentar, tapi kita bisa memilih, mau terhenti karena terus mendengarkan mereka atau berlalu dan fokus pada peningkatan kualitas serta kebahagiaan diri.

 

Lebih sering tertawa

Menjaga eksistensi kebahagiaan gak selalu dengan hal-hal besar yang terkadang tampak sulit digapai. Dengan tetap tertawa dan mendekat pada sumber yang membahagiakan saja sebenarnya sudah mampu memicu kebahgiaan itu sendiri.

Bertahanlah dalam lingkungan yang memberi aura positif, seperti bersama keluarga atau sahabat. Bersama mereka, tertawa akan jadi momen yang mudah dan sering muncul. Bahkan kita juga mampu menertawakan banyak hal sampai lupa kalau masalah hidup masih ada.

Andai sedang bersedih sekalipun, kita tetap bisa bangkit berkat dukungan mereka. Jadi, alih-alih meratapi sulitnya menjalani hidup, lebih baik ciptakan tawa-tawa riuh yang mampu jadi mood booster bagi hidup kita.

 

Jangan termakan gosip

Tampaknya hidup memang gak selalu bisa lepas dari gosip saat orang masih ‘hobi’ membicarakan sesamanya dari belakang. Sayangnya, gak jarang gosip yang menyerang juga mampu mencuri ketenangan dan kebahagiaan hidup kita.

Padahal, saat kita mau mencoba untuk berhenti mendengarkan gosip, hidup justru akan jauh lebih tenang, lho. Bukankah gosip tercipta oleh kabar yang belum dipastikan kebenarannya? Yuk, jangan biarkan diri termakan gosip agar hidup jadi lebih tenteram.

 

Relakan yang sudah terjadi

Ada kalanya kita akan mengalami penyesalan dalam hidup atas apa yang terlanjur dilakukan dan terjadi. Perasaan bersalah hingga keinginan untuk terus menyalahkan keadaan terkadang ikut menyerang dan mengusik ketenangan batin.

Namun, terus menyesali yang terlanjur terjadi juga gak akan mengubah keadaan. Jadi, relakan saja semua itu. Apa yang sudah terjadi biarkan berlalu dan angan menoleh ke belakang. Fokus saja pada rencana pada masa depan dengan lebih hati-hati agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

 

Sebenarnya kebahahiaan hidup bukan sulit diraih atau tidak mungkin diciptakan. Justru kita sendirilah yang terkadang memilih cara-cara sulit untuk mewujudkannya. Yuk, bahagia dalam kesederhanaan pikir dan sikap. Yakin pasti bisa, kok.

 

Sumber: IDN Times

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *