ISCO Tempat Rekomendasi Belajar Beladiri MMA, Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ), Submission Grappling, Gulat, dan Kudo Daido Juku di Bekasi

Mahasiswa UT, ISCO Tempat Rekomendasi Belajar Beladiri MMA, Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ),Submission Grappling, Gulat, dan Kudo di Bekasi – Beladiri merupakan sebuah keterampilan penting yang seyogyanya dikuasai oleh setiap orang dari pria sampai dengan wanita. Lantaran dengan kemampuan beladiri yang baik, maka bisa menjadi pelindung bagi diri sendiri maupun orang lain di situasi tertentu yang sifatnya mendesak.

Bagi yang berminat untuk menguasai keterampilan beladiri tersebut, maka sebaiknya segera mendaftar di ISCO. Pasalnya di tempat ini menjadi pusat pelatihan beladiri jenis MMA, Brazilian Jiu-Jitsu, Luta Livre, Submission Grappling, Gulat, dan Kudo yang dikelola secara profesional, yang bisa diikuti oleh siapapun yang tinggal di Bekasi atau sekitarnya.

Agar tidak penasaran mengenainya, maka sebaiknya perhatikan uraian yang diberikan di bawah ini dengan seksama. Tidak lain karena di sini akan dijabarkan banyak hal mengenai ISCO, mulai dari profil, gambaran pelatihan beladiri yang bisa diikuti, sampai dengan informasi registrasinya, sebagai berikut:

Mengenal Pusat Beladiri ISCO

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai teknik-teknik beladiri seperti apa saja yang dapat dipelajari di sini, maka akan lebih baik jika berkenalan dulu dengan ISCO. Supaya dapat mengetahui gambaran umumnya sehingga benar-benar mantab untuk bergabung nantinya.

Secara sederhana ISCO atau Ikhwan Street Combat merupakan sebuah komunitas beladiri profesional yang punya ciri khas beladiri MMA. Komunitas ini telah berdiri sejak tahun 2016 lalu dan terus tumbuh hingga kini dan punya Head Quarter di Bekasi.

MMA Bekasi

Sebagai sebuah komunitas latihan beladiri yang dikelola profesional ada berbagai teknik yang dipelajari oleh setiap anggota ISCO. Khususnya dua teknik utama yang disebut dengan Ground Fight dan juga Stand Fight yang diperlukan untuk berbagai kondisi pertahanan diri.

Lebih lanjut, teknik yang dipelajari merupakan beladiri yang sifatnya aplikatif, sehingga tanpa adanya jurus tertentu serta tidak mengharuskan hafalan. Jadi, para anggota ISCO bisa lebih fleksibel dalam menghadapi pelbagai kondisi yang mendesaknya.

Teknik Beladiri yang Dipelajari di ISCO

Supaya lebih mengenal dan akrab dengan gambaran umum teknik beladiri yang diajarkan di ISCO maka di bawah ini akan diterangkan mengenai dua teknik utama. Khususnya yang berkaitan dengan Ground Fight dan Stand Fight, sebagai berikut:

Baca juga:   Rekomendasi Forklift Diesel & Forklift Battery Elektrik Murah di Semarang Jateng

Ground Fight

Pertama teknik yang akan dipelajari di ISCO adalah beladiri Ground Fight atau yang biasa dikenal juga dengan istilah Brazilian Jiu-Jitsu/Luta Livre/Submission Grappling/Gulat. Untuk lebih memahaminya maka langsung baca uraian di bawah ini:

a. Definisi Ground Fight

Seperti namanya Ground Fight pada bela diri ini anggota akan diajari untuk bertarung darat atau secara langsung di lapangan. Akan tetapi, beladiri ini tidak dilakukan dengan posisi berdiri, akan tetapi dengan berguling di tanah.

Definisi Ground Fight

Dibandingkan dengan jenis beladiri yang lain, teknik Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) ini termasuk yang paling sulit untuk dipelajari. Pasalnya posisi berguling di tanah tersebut menyulitkan lawan untuk memprediksi arah serangan yang dilancarkan, karena pola serangan sendiri yang susah untuk ditebak.

Bila ditinjau dari segi historis, BJJ ini merupakan pengembangan dari jenis beladiri yang telah berkembang sebelumnya. Yakni perpaduan antara dua teknik populer yang disebut Catch Wrestling serta teknik Kodokan Judo. Ini pertama kali diperkenalkan dan berkembang di Brazil oleh Mitsuyo Maeda.

b. Teknik dan Gaya Bertarung Ground Fight

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, bahwa secara teknik dan gaya bertarung pada tipe beladiri ini, lebih difokuskan pada pertarungan bawah. Dengan kata lain berguling-guling langsung di atas tanah.

Gaya Bertarung Ground Fight

Oleh karenanya, pada saat bertarung seorang praktisi harus menguasai sejumlah teknik dasar seperti kuncian sendi, cekikan, bantingan, hingga teknik lain yang lebih kompleks. Semisal teknik beralih dari posisi satu pada posisi lainnya dengan pola pertarungan bawah.

c. Strategi Posisi dalam Beladiri Ground Fight

Menariknya, pada beladiri BJJ ini posisi menjadi sesuatu yang sangat urgen untuk diperhatikan dan mempunyai teknik yang sifatnya komprehensif. Nantinya, ketika
mempelajari BJJ praktisi akan diajari sejumlah strategi posisi, selayaknya:

  • Menahan lawan saat tengah berada dalam posisi yang kurang menguntungkan bagi praktisi.
  • Beralih posisi dari yang semula kurang menguntungkan praktisi ke posisi lain yang dinilai lebih memberi keuntungan.
  • Hingga mengakhiri perlawanan musuh dengan segera, terutama dalam posisi yang menguntungkan bagi praktisi.

2. Stand Fight

Kemudian yang kedua, di ISCO juga mempelajari beladiri bertipe Stand Fight alias Kudo. Supaya lebih mengenalnya, maka dibawah telah disajikan sedikit uraian mengenainya, sebagai berikut:

Sekilas tentang Kudo Daido Juku

Perlu untuk diketahui bahwa Kudo Daido Juku atau yang juga dikenal dengan nama Daido Juku merupakan sebuah bentuk beladiri hybrid asal negeri sakura Jepang yang diperkenalkan dan dikembangkan oleh Shihan Azuma Takashi. Yakni sebuah beladiri kompleks yang berisi teknik seperti submission, takedown, throwing, striking, dalam satu kurikulumnya.

Baca juga:   Tips Menulis Karil bagi Mahasiswa UT

Keragaman tersebut membuat praktisi Kudo bebas untuk menerapkan teknik yang dikuasai. Mulai dari teknik pukulan, tendangan, bantingan, patahan, cekikan, atau sundulan. Selain itu juga memungkinkan mengombinasikan dengan teknik beladiri lainnya yang secara sistemik serupa yang ada pada Jujitsu maupun Muay Thai.

b. Tiga Konsep Filosofis dalam Kudo Daido Juku

Hal yang menarik, teknik ini tidak hanya menuntut praktisi untuk mempelajari tentang beladiri saja. Akan tetapi juga tentang filosofi menarik yang terkandung di dalamnya, bahwa bela diri tidak hanya menyoal kekerasan saja. Untuk lebih jelas, bisa dilihat pada tiga filosofi Kudo Daido Juku berikut:

  • Mujou Kan. Filosofi pertama ini menempatkan pandangan pada kehidupan sebagai sesuatu yang sifatnya fana dan akan segera mengalami kehancuran jika telah tiba saatnya. Ini membuat praktisi harus menyadari untuk tidak terikat atau terobsesi berlebihan pada sesuatu hal.
  • Ikon Sougo. Makna dari filosofi Kudo yang satu ini adalah bahwa segala macam hal yang tersedia di dunia ini saling mempunyai ketergantungan satu sama lain. Maksudnya seorang praktisi harus menyadari posisinya yang membutuhkan orang maupun hal lain dan bergantung padanya, sehingga tidak bisa bersikap sombong atau yang lebih buruk darinya.
  • Huhen Huto. Maksud dari filosofi ketiga ini adalah tentang ketidakberpihakan alias kebebasan. Seorang praktisi Kudo harus mempelajarinya demi menjadi pribadi yang rendah hati, memiliki pikiran yang sifatnya terbuka dan yang paling penting punya keyakinan yang teguh di dalam jiwanya.

Informasi Latihan dan Registrasi di ISCO

Selanjutnya, setelah membaca uraian singkat di atas, bila tertarik menjadi bagian dari Belajar MMA Bekasi ISCO maka jangan ragu untuk bergabung. Berikut diberikan informasi jadwal latihan dan lokasinya:

Itulah tadi sejumlah penjabaran yang dapat diberikan terkait ISCO, tempat rekomendasi belajar beladiri MMA, Brazilian Jiu-Jitsu, Luta Livre, Submission Grappling, Gulat, dan Kudo Daido Juku di Bekasi yang profesional. Jadi, jika memang berminat untuk menguasai teknik-teknik yang telah disebutkan, maka jangan ragu untuk lekas melakukan pendaftaran agar bisa segera mengikuti latihan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *