Gaya Pembelajaran Orang Dewasa

Mahasiswa UT, Gaya Pembelajaran Orang Dewasa – Tulisan ini adalah materi belajar yang di berikan pada kegiatan Tuton UT pada mata kuliah Pendidikan Orang Dewasa.

***

Gaya Pembelajaran Orang Dewasa

Saudara mahasiswa, pada tuton ke dua kita telah berdiskusi tentang karakteristik pembelajaran orang dewasa dan implikasinya dalam kegiatan orang dewasa. Sekarang diskusi akan kita lanjutkan gaya pembelajaran orang dewasa.

Sebagaimana saudara ketahui, gaya pembelajaran adalah gambaran kegiatan yang paling sering dan paling sesuai dilakukan seseorang dalam upaya pengembangan kemampuan dirinya. Gaya pembelajaran adalah unik pada setiap individu dan terbentuk dari pengalaman yang bersangkutan dalam melakukan kegiatan pembelajaran selama hidupnya hingga saat ini. Gaya pembelajaran bukan sesuatu yang permanen tapi dapat berubah seiring dengan bertambahnya kedewasaan seseorang dan munculnya pendekatan yang lebih mudah serta lebih sesuai bagi seseorang yang sedang melakukan proses pembelajaran.

Ada tiga jenis gaya pembelajaran beserta ciri-cirinya yang dapat kita gunakan sebagai landasan berfikir dalam merancang program pembelajaran bagi orang dewasa. Ketiga gaya pembelajaran tersebut adalah:

Gaya Pembelajaran Tergantung (dependent)

  • Individu yang belajar sangat tergantung pada pengajar dalam proses pembelajaran.
  • Individu yang belajar sangat menyukai metode kuliah dan demonstrasi dalam proses pembelajaran.
  • Pengajar sangat dominan dalam proses pembelajaran dan berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran.
  • Pengajar menentukan sendiri rancangan pembelajaran, materi yang akan disampaikan dan teknik evaluasi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.
  • Pola komunikasi yang digunakan cenderung satu arah.

Gaya Pembelajaran Kerjasama (collaborative)

Pengajar dan individu yang belajar secara aktif bersama-sama merancang materi, menentukan metode, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran.

Baca juga:   Pemandu dalam Pembelajaran Orang Dewasa

Peran utama pengajar adalah mendorong individu yang belajar agar dapat bekerja sama, mengembangkan alternatif-alternatif solusi terhadap suatu permasalahan, dan mengarahkan mereka untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Read more... / Baca selengkapnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *